Beberapa Kendaraan Datangi Rumah Pribadi Bupati Nganjuk, Kapolres Jombang:  Ada Petugas KPK Lakukan Penggeledahan

Rumah pribadi Bupati Nganjuk Taufiqurrahman di Jalan Raya Mojosongo No 99, Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Jombang terlihat sepi.

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Kedatangan sejumlah mobil plat hitam dikawal satu kendaraan dinas kepolisian ke rumah Bupati Nganjuk Taufiqurrahman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang Ita Triwibawati di Jalan Raya Mojosongo No 99 Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Jombang Jawa Timur, dipastikan mobil tersebut mengangkut sejumlah anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedatangan sejumlah anggota KPK ke rumah pribadi Bupati Nganjuk tersebut, dibenarkan oleh Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto saat dikonfirmasi wartawan terkait adanya personil kepolisian yang menjaga gerbang rumah pribadi Bupati Nganjuk yang merupakan suami dari Sekda Jombang Ita.

Bersamaan dengan datangnya sejumlah kendaraan di rumah mewah tersebut. Kapolres Jombang, membenarkan bahwa ada beberapa anggota Satuan Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polres Jombang, melakuan pendampingan maupun pengawalan petugas KPK yang melaksanakan penggeledahan di rumah orang nomor satu di Nganjuk.

“Benar empat personil Sabhara dipimpin Kasat Sabhara melakukan pengawalan terhadap delapan personil KPK yang tujuannya untuk melakukan penggeledahan di kediaman Bupati Nganjuk yang kita ketahui beberapa waktu lalu menjadi tersangka KPK. Oleh karena pak Bupati Nganjuk istrinya merupakan pejabat di Jombang yakni Sekda dan memiliki kediaman di Jombang, maka kita melakukan pendampingan,” kata Agung kepada wartawan di Pendopo  Kabupaten Jombang, Sabtu 28 Oktober 2017.

Masih menurut Agung, pengamanan tersebut merujuk surat KPK yang di tujukan kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim),  Irjen Pol Machfud Arifin. “Kebetulan surat dari KPK sudah terlebih dulu dikirimkan kepada Bapak Kapolda Jatim, kemarin saya juga sudah menghubungi mohon melaporkan kegiatan tersebut, dan oleh Bapak Kapolda Jatim memutuskan untuk disilahkan melakukan pendampingan,” tandas Kapolres.

Sementara itu, dari pantauan  dilokasi rumah mewah berpagar putih hitam Sabtu (28/10), terlihat pintu gerbang rumah bernomor 99 yang menghadap ke timur tersebut tampak tertutup. Dari luar gerbang, tak tampak ada aktifitas pemilik rumah, hanya ada penjaga di pos penjagaan di dalam rumah.

Sebelumnya, petugas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Nganjuk Taufiqurrahman beserta belasan orang lainnya termasuk sang istri Ita Triwibawati di Jakarta Rabu (25/10). Hal ini juga menjadi perhatian warga Kabupaten Jombang, sebab Ita Triwibawati merupakan ‘orang penting’ di kota santri yang menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Jombang.(elo)