Destinasi Wisata Tradisi Warga Mungli Lomba Tangkap Ikan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Berbagai cara warga dalam menarik perhatian banyak orang dalam sebuah tradisi yang dilakukan. Seperti halnya warga Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Beginilah kemeriahan warga Desa Mungli dalam menyambut wisatawan setiap tahunnya. Lomba tangkap ikan di desa tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berwisata ke desa Mungli.

Meskipun Destinasi Lomba tangkap ikan ini terbilang baru, namun tampak kemeriahan warga Mungli dalam menyambut Lomba begitu bergembira. Apalagi Lomba tersebut berhadiah uang tunai yang disediakan oleh panitia.

Lomba menangkap ikan ini diikuti sekitar ratusan warga. Kegiatan menangkap ikan ini, dilaksanakan sore hari. Pesertanya terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak serta anak-anak.

“Lomba ini diikuti seluruh warga mungli, persertanya mulai dari ibu ibu, bapak bapak sampai anak anak,” kata Kepala Desa Mungli Sutrisno.

Ia juga menilai kegiatan ini merupakan sebuah ekspresi budaya lokal yang di dalamnya mengungkap nilai-nilai kebersamaan menjadi satu unsur penting.

Panitia sendiri turut senang dengan antusiasme masyarakat mugli yang cukup besat dalam tradisi Lomba Tangkap Ikan itu.

”Budaya itu semakin dilestarikan, semakin bernilai tinggi dan semakin menjadi unggulan di setiap destinasi,” tambahnya.

Sutrisno mengatakan Lomba tangkap ikan ini dinilai oleh pantia dari sisi berat ikan, paling terberat maka itulah yang menjadi juara. Dalam tangkap ikan itu ada beberapa kategori ikan yakni ikan gabus dan ikan lele.

“Kategori ikan gabus atau kutuk dan ikan lele, yang terberat maka dia pemenangnya dan mendapatkan uang tunai Rp. 250 ribu. Untuk total hadian keseluruhan sebesat Rp. 1 juta,” jelas Kades Mungli. (Fer)