Warga Sumberwudi Manfaatkan Limbah Plastik Menjadi KerajinanTas Cantik

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Keprihatinan dan kecemasan warga RT.05 RW. 02 Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng terhadap limbah sampah plastik mulai dirasakan ketika banyaknya makanan dan minuman dalam kemasan plastik membludak di pasaran.

Gayung bersambut ketika Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberwudi menunjuk lingkungan RT tersebut untuk ikut pemeringkatan RT dalam LGC (Lamongan  Green and Clean), dari sanalah ide itu muncul untuk memanfaatkan sampah plastik terutama gelas plastik bekas minuman kemasan menjadi kerajinan tangan berupa tas.

Pemanfaatan limbah plastik untuk diolah menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi masih minim. Sebagian besar masyarakat justru membuangnya daripada memanfaatkan limbah tersebut. Kepala Desa Sumberwudi, M. Syakuri mengatakan, masyarakat belum mengelola sampah menjadi barang bermanfaat. Umumnya plastik yang telah dipakai dibuang ke tempat sampah.

”Kami mencoba menggali potensi masyarakat terutama kalangan ibu-ibu, memanfaatkan bahan botol plastik bekas minuman ringan di dapur untuk tidak dibuang ke sampah, tapi menjadi karya seni,” ujarnya saat ditemui usai mendampingi proses pemeringkatan RT, di RT 05 RW.02 Desa Sumberwudi Karanggeneng, Rabu (01/11/2017).

Ia juga mengatakan, barang bekas yang sudah tidak difungsikan kembali, sebenarnya dapat diolah menjadi barang kerajinan. Seperti, Tas, vas bunga, bros dan bunga. Caranya juga mudah karena menggunakan bahan sederhana.

Thoyiba (24), salah satu warga yang pertama kali mempunyai ide kreatif tersebut mengaku kegiatan  daur ulang sampah plastik ini memberikan banyak keuntungan terutama nilai ekonomi kepada para ibu tentang bagaimana cara menambah pemasukan keluarga dengan modal yang murah dan menghasilkan barang yang bernilai jual tinggi.

”Selain mendapat pemasukan tambahan dari pembuatan kerajinan tas ini, kami juga bertambah nilai kesadaran akan kebersihan lingkungan. Ini sangat bermanfaat. Semoga kegiatan ini berkelanjutan,” katanya. (Omdik)