Operasi Zebra 2017, Di Jombang Forkopimda Bagikan Brosur

Hj Mundjidah Wahab, saat membagikan brosur pada sejumlah pengendara yang melintas

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Dimulainya Operasi Zebra Semeru 2017, di Jombang sejumlah pengendara yang melintas, diberikan brosur peringatan tertib lalu lintas dan himbauan bagi pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat, oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tampak dilapangan, pembagian brosur ini dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Jombang Hj Mundjidah Wahab, Wakapolres Jombang Kompol Edhit Yuswo Widodo, Dansat Radar 222 Kabuh Letkol Lek Dwi Purnomo, Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana, kepada pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya KH Wahid Hasyim, tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang.

“Bagi-bagi brosur tertib lalin dilakukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2017, saya harapkan pada para pengendara jalan, agar menjaga tata tertib berlalu lintas,” kata Wabup Mundjidah kepada sejumlah wartawan, Rabu 1 November 2017.

Sementara itu, Kompol Edhit Yuswo Widodo selaku Wakapolres Jombang, menambahkan, bahwa Operasi Zebra Semeru 2017 ini, dilaksanakan mulai tanggal 1 November hingga tanggal 14 November 2017.

“Target operasi ini adalah pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Dengan tujuan untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Edhit.

Masih menurut pejelasan Edhit, selain dari unsur Kepolisian, operasi ini juga melibatkan unsur lain seperti TNI serta Dinas Perhubungan (Dishub). “Kita akan lakukan gabungan mobile dengan unsur TNI, Polri, dan Dishub, menyasar pelanggar yang berpotensi menyebabkan terjadi kecelakaan lalin,” ungkapnya.

Lanjut Edhit, tindakan yang diterapkan pada operasi ini adalah 40 persen dengan kombinasi tindakan preemtif (edukatif) dan preventif (pencegahan) serta 60 persen dengan tindakan penegakan hukum berupa tilang. “Sebelum bagi-bagi brosur kami juga melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra 2017 di lapangan Pemkab Jombang,” pungkasnya.(elo)