Curi Kotak Amal, Pemuda Mojongapit Dibekuk Polisi

tersangka pelaku pencurian kotak amal saat diamankan Polisi di Polsek Peterongan

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Daminen (31) warga Dusun Mojongapit, Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur, harus pasrah saat diamankan petugas kepolisian dari unit reskrim Polsek Peterongan. Hal ini dikarenakan tersangka Daminem nekat mencuri kotak amal di Musholla Fisa Billah Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan.

“ tersangka kita amankan karena melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Dari tangan tersangka petugas menyita barang bukti, uang tunai sebesar Rp. 273.800,-,” kata Iptu Subadar selaku Kasubag Humas Polres Jombang, Kamis 2 November 2017.

Masih menurut penjelasan Subadar, aksi tersangka ini dilakukan pada Hari Rabu 1 Novenber 2017, sekitar pukul 13.00 WIB. Tersangka saat itu sedang melintas di jalan sekitar Mushola. Selanjutnya tersangka yang merasa lelah karena panasnya sinar matahari siang itu, tersangka beristirahat di Mushola tersebut.

Melihat kotak amal yang terpampang di dinding Mushola, ditambah suasana sepi yang ada di sekitar, membuat tersangka berniat untuk mengambil uang yang ada dalam kotak amal. Setelah berhasi l mencongkel kotak amal dan mengambil uang didalamnya, tersangka hendak kabur, namun sayang, aksi yang dilakukan tersangka nampaknya sudah diketahui oleh takmir Mushola.

“  saat digeledah oleh saksi (takmir Mushola) ditemukan barang bukti pada saku jaket tersangka, selanjutnya tersangka diamankan di Balai Desa Dukuhklopo. Dan sejumlah warga langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Peterongan,” ujar Subadar.

Lanjut Subadar, selanjutnya tersangka diamanakan petugas beserta sejumlah barang bukti ke Polsek, untuk kepentingan lebih lanjut. “ tersangka dijerat dengan Pasal 363 ke 5 e KUHP, dengan ancaman pidana kurungan paling lama 9 tahun penjara,” pungkas Subadar.(elo)