Tembak Bandar Sabu, Polisi  Amankan Barang Bukti Sabu Seberat 7,25 Gram

barang bukti milik tersangka pelaku pengedar sabu, yang berhasil diamankan Polisi di Polres Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Aparat gabungan dari jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Jombang dan BNN Kota Mojokerto, berhasil menangkap seorang bandar sabu-sabu di Dusun Kedunggalih, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang Jawa Timur. Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 7,25 gram.

Pelaku yang berhasil ditangkap aparat gabungan ini adalah Bukhori (40) warga Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung. Bukan menyerahkan diri, tersangka justru malah melawan saat diamankan petugas, atas perbuatannya tersangka dihadiahi timah panas oleh petugas di kaki bagian kiri.

“Kami terpaksa menindak tegas dengan melumpuhkan pelaku dengan timah panas di kaki kirinya. Sebab saat ditangkap, yang bersangkutan melawan,” kata AKP Hasran selaku Kasat Resnarkoba Polres Jombang saat pers rilis di Polres setempat yang juga dihadiri Wabup Jombang Hj Mundjidah Wahab, selaku ketua BNN Kabupaten Jombang, Kamis 2 November 2017.

Sementara itu Kompol Edhit Yuswo Widodo, selaku Wakapolres Jombang menambahkan, tertangkapnya pelaku berawal saat BNN Kota Mojokerto melakukan razia di tempat hiburan di Kota setempat. Dari hasil pengembangan muncullah nama tersangka, sebagai bandar pemasok sabu ke wilayah terssebut.

Masih menurut penjelasan Edhit, selanjutnya BNN Kota Mojokerto segera berkordinasi untuk melakukan pengejaran terhadap tersangka yang sudah diketahui keberadaannya. Sejumlah petugas, segera bergerak melakukan pengintaian dan kemudian melakukan penggeledahan di rumah kontrakan pelaku di Dusun Kedunggalih.

“di dalam rumah tersebut hanya ada istri dan anak pelaku. Selian itu petugas juga tidak menemukan barang bukti yang dicari,” ungkapnya.

Meski belum menemukan barang bukti dan tersangka yang dicari, petugas selanjutnya tetap melakukan pemantauan rumah kontrakan tersangka dari jauh. Pada hari Selasa, sekitar pukul 08.45 WIB, tersangka Bukhori terlihat datang mengendarai sebuah mobil jenis Toyota Avanza warna silver dengan nomor polisi L 1869 C.

Lanjut Edhit, setelah diketahui keberadaan tersangka, petugas langsung melakukan penyergapan. Bukannya menyerah, saat hendak ditangkap tersangka justru melawan. Dengan sigap, petugas langsung memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka.

” barang bukti sabu seberat 7,25 gram yang dikemas dalam lima plastik klip beserta sejumlah pipet kaca yang diduga terdapat bekas sisa sabu, disembunyikan di balik dashboard mobil,” ujarnya.

Imbuh Edhit, selain mengamankan tersangka dan barang bukti sabu, polisi juga menyita barang bukti lain berupa airsoft gun merek Jericho dan sebilah parang. “tersangka dijerat dengan Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara dan denda Rp 800 juta,” pungkas Edith.(elo)