Posisi Wartawan Dan Keluarga Paskibraka Jadi Perdebatan Dalam Upacara HUT RI Nanti

ilustrasiKANALINDONESIA.COM : Wartawan, khususnya fotografer, membutuhkan tempat yang khusus dan tepat pada saat mengambil gambar upacara memperingati HUT RI Ke 71 nanti. Namun yang jadi kendala, pada saat mengambil gambar moment yang dianggap tepat, terkadang ada beberapa anggota keluarga Paskibraka yang tiba-tiba ikut ‘ndusel’ untuk memotret dengan handphone.

Hal inilah yang menjadi perdebatan dalam rapat antara Humas dan Protokol Setda Kota Madiun dengan para wartawan yang bertugas di Kota Madiun, di ruang 13 Pemkot Madiun, dengan tema “Layout Upacara Peringatan HUT RI Ke 71”, Selasa 9 Agustus 2016.

Wartawan koran harian Bhirawa, Sudarno, menilai, hal yang wajar jika ada salah satu anggota keluarga Paskibraka yang ingin mengambil gambar putra-putrinya. Apalagi jika putra-putrinya bertugas sebagai petugas pembawa bendera atau yang menaikkan bendera.

Baca:  KAI Siapkan Pedoman New Normal untuk Pelanggan Kereta Api

“Ya wajarlah kalau seperti itu. Mereka juga ingin mengabadikan putra-putrinya,” kata Sudarno.

Hal senada juga disampaikan Asisten Edi Hermayanto. Menurutnya, anggota Paskibraka hanya dipilih satu kali.

“Jadi itu mungkin alasan keluarga mengapa kemudian mengambil gambar. Mereka bangga dengan putra-putrinya,” kata Edi Hermayanto.

Namun beberapa wartawan, khususnya fotografer, keberatan dengan hadirnya beberapa anggota keluarga di ring para wartawan yang sedang mengambil gambar saat upacara berlangsung.

“Pengalaman tahun lalu, mereka tiba-tiba ‘ndusel-ndusel’ di ring wartawan ikut mengambil gambar. Ini mengangguu kerja kita,” kata wartawan harian Memorandum Kediri, Adi Saputra.

Untuk masalah tersebut, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Madiun, Misdi, akan mencari jalan keluar pada saat rapat terakhir hari Jumat nanti. “Nanti rapat hari Jumat, kita bicarakan lagi bagaimana baiknya,” ujar Misdi.

Baca:  Panen Raya Jagung, Mentan Serahkan Sejumlah Bantuan untuk Bireuen Aceh

Sementara itu, pada upacara memperingati HUT RI Ke 71 nanti, Walikota Madiun, H Bambang Irianto, dipastikan menjadi Inspektur Upacara yang diselenggarakan di Aloon-Alon Kota Madiun.

BO