Terlilit Hutang, Ibu-Ibu di Surabaya Bawa Kabur Motor Kenalanya

KANALINDONESIA.COM, SURABAYA: Anggota Polsek Sawahan, Surabaya mengamankan Mard(46), warga Trengguli, Prambon, Sidoarjo lantaran nekat membawa kabur motor milik kenalannya sendiri, Purwanti (44), warga Jl Simo Sidomulyo I, Surabaya.

Tindak kriminal yang dilakukan pelaku bermula saat tersangka menginap dirumah korban dan mempunyai niat melarikan motor L 2977 WV milik korban.

Saat itu, sekitar pukul 04.30 WIB ketika tuan rumah tidur lelap, Mard bangun lalu mengambil kunci kontak motor yang tergantung di dinding kamar.

“Selanjutnya pelaku membawa kabur motor dan dititipkan ke rumah temannya di kawasan Jl Demak. Agar tidak ketahuan ia yang mencuri, tersangka kembali lagi ke rumah korban dan berpura-pura tidur,” ucap Kompol Yulianto, Kapolsek Sawahan.

Begitu bangun tidur, korban terkejut mendapati motornya hilang. Korban sempat bertanya kepada pelaku, namun dijawab tidak mengetahuinya, sehingga melaporkannya ke polisi.

Dari hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Sawahan dan keterangan korban, semuanya mengarah kepada pelaku. Apalagi, saat kejadian tidak ada orang lain yang berkunjung. Selain itu, tidak ada tanda-tanda kerusakan di lokasi.

Polisi akhirnya mendesak Mar dan akhirnya mengakui perbuatannya.

Akibat perbuatnya tersebut kini pelaku meringkuk di tahanan Polsek Sawahan, Surabaya.

“Dari penyidikan sementara, pelaku ini mencuri motor untuk dijual. Hasilnya buat bayar hutang,” kata Kompol Yulianto.

Kini, untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (ars)