Polres Jombang, Amankan Pelaku Perakit Senjata Api

Petugas sedang melakukan pengecekan senjata rakitan

KANALINDONESIA.COM : Polres Jombang tangkap pelaku pembuat senjata api rakitan warga Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Jombang. BF (49) memproduksi delapan pucuk senjata api (senpi) dan mempunyai ratusan peluru tajam yang dibelinya dari Bandung, Selasa (09/08/2016).

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengatakan dari keterangan dan laporan warga salah satu rumah di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung digunakan untuk merakit senjata api. Dari situlah kepolisian polres jombang melakukan pengecekan atas gerak geriknya. Setelah data cukup kuat, aparat kepolisian melakukan penggrebekan dan berhasil ditangkap beserta sejumlah barang bukti.

BF (49) warga Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung ditangkap atas kepemilikan senjata api ilegal. Dari pengakuannya selama ini digunakan sendiri senjata api rakitan untuk berburu. Setelah ditelusuri belum ditemukan adanya keterkaitan dengan jaringan terorisme dan juga keterkaitan dengan aksi kejahatan lainnya, semisal perampokan dan narkoba. Sehingga pelaku dijerat soal kepemilikan senjata api tanpa izin,” Ungkapnya.

Baca:  Terbelit Kebutuhan Ekonomi, Seorang IRT Asal Sidoarjo Nekat Mencuri Susu

Ia menambahkan senpi yang dimiliki pelaku cukup berbahaya. Karena senjata dan amunisi tersebut standarnya sama dengan milik TNI/Polri. Dan tingkat akurasinya juga cukup tinggi, karena pada laras senpi terdapat alur. Sehingga daya lenting atau daya pegas cukup jauh, bisa mencapai 10 hingga 25 meter.

Petugas menyita sejumlah peralatan yang digunakan untuk merakit senjata api, semisal bor, gergaji besi, alat ukur serta gerinda mesin. Seluruh barang bukti tersebut diamankan petugas. Atas kepemilikan senjata api ilegal tersebut, pelaku dijerat pasal 1 ayat 1 Undang-undang darurat Nomer 12 Tahun 1951. Ancamannya, hukuman seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi – tingginya duap puluh tahun penjara,” Pungkasnya. (ELO)

Baca:  Operasi Sikat Semeru 2017, Polres Jombang Bekuk 12 Pelaku Kejahatan

BF (Bangkit Fauzal) warga desa mancilan mojoagung, Jombang

Berikut barang bukti yang diamankan petugas kediaman pelaku:

1. 4 buah senjata laras panjang rakitan
2. 4 senjata laras pendek rakitan
3. 55 butir peluru tajam kaliber 3,8mm
4. 99 butir peluru tajam kaliber 9mm
5. 94 butir peluru tajam kaliber 7,65mm
6. 42 butir peluru tajam kaliber 5,56mm
7. 11 butir peluru tajam kaliber 7mm
8. 24 butir peluru hampa kaliber 5,56mm
9. 24 butir peluru karet
10. 5 butir peluru tajam kaliber 5,56mm dala satu rangkaian
11. 17 butir selongsong peluru
12. sebuah grendel, 4 kaleng kecil serbuk mesiu
13. 6 butir peluru tajam (madsen) kaliber 7,65
14. sebuah alat bubut
15. sebuah alat bor dan gergaji besi
16. sebuah alat ukir sixmacth
17. sebuah gerinda mesin
18. 54 butir proyektil
19. 134 butir peluru ramset

Baca:  Pelaku Cabul Gay Ditangkap Polda Jatim, KPAI Pantau Kasus ini