UPTD Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Karanggeneng Dampingi Petani Jagung

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Kepala UPT Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng Buwono, SP.MMA melaksanakan pemantauan perkembangan tanaman Jagung yang akhir-akhir ini terkena serangan hama Tikus yang bertempat di Desa Jagran, Rabu (08/11/2017).

Selain padi Desa Jagran juga merupakan sentral tanaman jagung yang ada di wilayah Kecamatan Karanggeneng, banyak warga yang mengeluh di karenakan tanaman jagung mereka di makan oleh hama tikus sehingga menyebabkan gagal panen yang tentunya bisa mengurangi pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“PPL langsung saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, pengecekan keadaan tanaman yang selama ini sudah di laksanakan.  Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat, upaya tersebut untuk  menekan kerugian yang lebih besar pada petani Jagung, di mana perlu ditindaklanjuti oleh para PPL,” ujar Buwono.

Serangan tikus pada tanaman jagung di sejumlah desa merupakan imigrasi tikus dari tempat lain. Tikus yang menyerang tanaman, jumlahnya ribuan dan dalam satu malam bisa menghabiskan tanaman milik petani. Upaya yang telah diberikan oleh  Pemerintah menurut Buwono yakni dengan memberikan racun tiran.

“Tikus memang sulit untuk dikendalikan. Makanya petani sangat berharap sekali ada tekhnologi yang bisa mengusir tikur. Karena hama inilah yang sekarang masih menjadi momok bagi petani di setiap daerah,”kata Buwono.

Terkait dengan serangan hama tikus tersebut UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Karanggeneng merekomendasikan agar petani memanen muda tanaman Jagungnya sehingga ada yang bisa diselamatkan untuk menekan kerugian yang lebih besar.

Sementara pantauan di lapangan, Buwono dengan beberapa stafnya di lokasi  sedang mengecek dan mengontrol perkembangan tanaman Jagung yang sudah diserang oleh hama tikus serta yang belum sebagai wujud tanggung jawab  mengawal pertanian di wilayah binaannya merupakan perintah yang harus dijalankan.

Bahkan dalam hal pertanian, UPT Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Karanggeneng tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin demi mewujudkan program swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah. (Omdik)