Drama Kolosal Warnai SMKN 1 Sambeng Dalam Peringatan Hari Pahlawan

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Dalam rangka memperingati hari pahlawan SMK Negeri 1 Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, melaksanakan upacara di sekolah. Selain melaksanakan upacara pihak sekolah juga melakukan berbagai agenda lainnya yakni drama kolosal, dan perlombaan untuk para siswa di sekolah.

Adapun dalam kegiatan upacara tersebut, siswa diwajibkan untuk memakai pakaian layaknya seorang pejuang, TNI, pakaian adat di seluruh Indonesia.

Drama kolosal yang diperankan siswa siswi SMKN 1 Sambeng mengambil makna dan cerita Bung Tomo. Dimana saat itu dalam melawan penjajahan Belanda Bung Tomo begitu besar memberikan semangat kepada pasukan dan masyarakat untuk melawan dan menghancurkan pasukan penjajah.

Dalam cerita, penjajah sempat mengibarkan benderanya untuk mengambil wilayah Indonesia. Namun dengan semangat pejuang Indonesia akhirnya Bung Tomo dan pasukannya mampu menumpas habis pasukan penjajah dan merobek bendera Belanda.

Hal tersebut merupakan rangkaian acara drama kolosal yang di lakulan siswa siswi SMKN 1 Sambeng.

Adapula lomba-lomba itu diikuti oleh tiap-tiap kelas dengan mengirim wakilnya sebagai peserta Dan para guru. Panitia lomba ini adalah siswa yang tergabung dalam organisasi OSIS sekolah dengan pengawasan para guru.

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Sambeng Suwito S.Pd, Jumat (10/11/2017) mengatakan bahwa kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut tidak lain untuk mengingatkan kepada siswa agar selalu dapat menghargai jasa jasa pahlawan yang telah bersusah payah merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

“Cara menghargai dan menghormati jasa para pejuang bangsa itu adalah dengan berusaha giat untuk belajar dan berusaha agar berprestasi, sebab dengan prestasi tentunya para siswa akan dapat mengharumkan bama bangsa,” jelas Suwito.

Selain itu Suwito menambahkan, dengan adanya jiwa kepahlawanan siswa mampu membawa visi dan misi Sekolah SMKN 1 Sambeng dalam mempersiapkan peserta didik yang berimtak (Iman dan takwa), dan beriptek (berilmu pengetahuan teknologi), serta berwawasan dan berkepribadian Indonesia. (Fer)