Cegah Penyelewengan, Kapolres dan Bupati Ponorogo Tandatangani MoU Pengawasan Dana Desa

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO:  Kapolres  AKBP Suryo Sudarmadi dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni menandatangani surat sebagai tindak lanjut teknis MoU tentang pencegahan pengawasan dan penanganan dana desa di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Sabtu(11/11/2017).

“Dengan adanya MoU dana desa bersama Kapolres  ini bertujuan untuk mengawasi penggunaan dana desa agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyalahgunaan dalam pengunaanya bahkan sampai terjadi penyelewengan sehingga mengakibatkan permasalahan di desa tersebut,”ucap Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni.

Pun demikian Bupati Ipong berharap dengan adanya pengawasan penggunaan dana desa dari kepolisian ini, para kepala desa agar tidak ragu ragu dalam  memanfaatkan dana tersebut,  “yang penting sesuai dan tepat sasaran dan tertib adsminitrasi,”kata Ipong.

Lebih lanjut dikatakanya,”saya mengharapkan kepada kepolisian agar dalam pengawasan dana desa supaya mengutamakan pendekatan, pembinaan dan komunikasi apabila ada indikasi penyalahgunaan dana desa tersebut agar tidak menimbulkan trauma bagi desa-desa lainya dalam menggunakan dana desa,”ucapnya.

Sementara dalam kata sambutanya, Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi menyampaikan, diadakanya penandatananan MoU ini adalah atas keprihatinan pemerintah tentang Anggaran Dana Desa (ADD), Mendagri memerintahkan Polri untuk mengawasi ADD tersebut. Yang menurutnya idealnya satu  polisi untuk satu desa, namun di Ponorogo masih ada 1 polisi untuk 3 desa, yang tiap saat bertemu dan dimintai saran oleh Kades maka dari itu Bhabinkamtibmas dituntut aktif dan profesional.

“Modus penyelewengan dana desa antara lain penyerapan tidak sesuai, mark up pembangunan desa, pura-pura tidak tahu masuk rekening pribadi, secara teknis para Kades pasti sudah paham dan mengerti. Kapolsek maupun Bhabinkamtibmas saat Musdes diharapkan bisa ikut datang dan menyarankan agar dana desa sesuai dengan peruntukannya, sehingga tidak timbul peluang tindak pidana korupsi,”urai Kapolres AKBP Suryo Sudarmadi.

Tentang Dana Desa (DD) tersebut, dikatakan Kapolres tidak dipergunakan untuk honor Bhabinkamtibmas karena sudah memiliki anggaran sendiri.(ars)