Danrem 081/DSJ Tinjau Dam Sungkur, Jambon, Ponorogo

Danrem 081/DSJ Tinjau Dam Sungkur, Jambon, Ponorogo ( foto kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM : Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Piek Budyakto bersama rombongan melaksanakan pengecekan bendungan pengairan Dam Sungkur yang berada di Dukuh Krajan, Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Jatim,.Rabu(10/08/2016)

Kepala Dinas Pertanian Ponorogo Harmanto, melalui Timur Santoso  mengatakan,”sebelumnya ada pertemuan dengan Dirjen PSP dimana ada temuan tentang permasalahan Dam Sungkur yang sering meletus. Dirjen akan segera memperbaiki dam tersebut, jika ada jaminan pengamanan,”ucapnya.

Untuk itu, hari ini Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto langsung melakukan pengecekan dilapangan guna menguatkan bahan laporan.

“Saya minta tolong kepada pengguna Dam sungkur kerjasamanya, kalau nanti diperbaiki, semua harus menjaga dan nanti juga dibantu dari TNI,”ucap Timur Santoso.

Baca:  Semua Anggaran SKPD di Efisiensikan Untuk Percepatan Pemulihan Daerah

Sementara itu, Danrem 081/DJ Kolonel Inf Piek Budyakto  menyampaikan bahwa pengecekan Dam Sungkur ini dilaksanakan guna menindak lanjuti hasil pertemuan dengan Dirjen PSP bersama Dandim jajaran Korem 081/DSJ dan Kadistan se-Karisidenan Madiun di aula Makorem 081/DSJ, Selasa (09/08/2016) malam.

Dalam pertemuan tersebut, ada yang memberikan masukan bahwa di  daerah di Ponorogo tepatnya di Kecamatan Jambon didapati adanya bendungan yang rusak, sehingga pengairan terhambat.

“Berdasar informasi tersebut, saya selaku Danrem 081/DSJ langsung mengecek dam dan untuk melaksanakan pertemuan dengan masyarakat. Dengan tujuan TNI bisa membantu dalam menjaga dam karet ini. Karena informasinya sering meletus,”urai Kolonel Piek Budyakto.

Lebih lanjut, KUPTD PU Kecamatan Jambon Purnomo, menjelaskan sekilas tentang penggunaan Dam Sungkur, bahwasanya Dam Sungkur mempunyai pintu air kanan dan kiri.

Baca:  FKUB dan MUI Madiun Tolak Kerusuhan, Sidang Gugatan Pilpres

“Dam Sungkur mampu mengairi lahan pertanian yang berada di empat kecamatan yaitu Kecamatan Jambon, Kecamatan Kauman, Kecamatan Sukorejo dan sebagian Kecamatan Ponorogo,”terang Purnomo.

Dari hasil audensi antara Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto  dengan Gapoktan dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, disepakati akan segera dilakukan perbaikan dengan mengganti pelimpah yang berbahan karet diganti menggunakan bahan permanen.

Selain itu, semua elemen sepakat jika nanti Dam Sungkur sudah diperbaiki, maka semua wajib menjaga keamanan dan merawatnya yang nantinya akan dibantu dari pihak TNI.

wad