Ratusan Anggota Pramuka Ikuti Napak Tilas Rute Gerilya Jend Sudirman

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Ratusan anggota Pramuka ikuti napak tilas route gerilya Jenderal Sudirman di wilayah Kabupaten Ponorogo, Minggu(12/11/2017).

Napak tilas yang menempuh jarak 10 Km dan disertai dengan rintangan alam dan buatan tahun ini diikuti oleh 395 orang peserta yang dibagi menjadi 79 sangga Pramuka tingkat Penegak dan Pandega.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0802/ Ponorogo tersebut ditutup dengan tradisi gegap gempita kegembiraan ala Pramuka, yang selanjutnya seluruh peserta melaksanakan upacara penutupan dengan khidmat. 

Dalam upacara penutupan yang dilaksanakan di lapangan olah raga SMPN 1 Sawoo, Kabupaten Ponorogo dengan pembina upacara Dandim 0802/ Ponorogo Letnan Kolonel Inf Slamet Sarjianto tersebut sekaligus penyerahan piala dan piagam kepada peserta terbaik.

Kelompok peserta terbaik yang didaulat sebagai juara umum kali ini adalah Pramuka Penegak dari MA Al-Azhar Kecamatan Sampung.

Sementara itu, peserta Napak Tilas tahun ini meningkat cukup signifikan, dimana kegiatan juga diikuti oleh peserta dari luar Kabupaten Ponorogo yaitu dari Kabupaten Ngawi dan Magetan yang baru pertama mengikuti kegiatan ini.

“Dengan semakin luasnya sebaran peserta ini, diharapkan kegiatan Napak Tilas ini menjadi menarik untuk diikuti oleh segala lapisan masyarakat terutama Pramuka,”ucap Dandim 0802/ Ponorogo Letnan Kolonel Slamet Sarjianto.

Ditambahkanya,”kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati pengorbanan serta perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yaitu dengan cara gerilya, dan diharapkan semua peserta lomba selalu, rajin tekun dan semangat agar nantinya semua menjadi kader kader yang tangguh dan sukses,”tutur Letkol Infantri Slamet Sarjianto.

Hadir dalam penutupan Napak Tilas Route Gerilya Jenderal Sudirman diwilayah Kabupaten Ponorogo ini antara lain, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, Pasiter Kodim 0802/ Ponorogo Lettu Inf Bambang Supriyanto, Danramil 0802/14 Sawoo Kapten Inf Sunardji beserta anggotanya, Ka Kwarcab Diwakili oleh Andalan Urusan Saka Kak Nicho dan Sekertaris Kwarcab Kak Parbo Hadi, Pamong Saka Wira Kartika Kodim 0802/Ponorogo Serka Suharto beserta anggotanya.(ars)