30% Perempuan Hamil Tidak Menyadari Rentan Kena Diabetes

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: Studi terbaru Sun Life Financial Asia mengenai tingkat kesadaran masyarakat terhadap diabetes mengungkapkan masih adanya kesenjangan informasi yang serius mengenai penyakit kronis ini.

Berdasarkan data statistik International Diabetes Federation (IDF), 30% perempuan Asia yang sedang atau pernah hamil dalam tiga tahun terakhir tidak menyadari tingginya potensi terserang diabetes gestasional di masa kehamilan, di mana satu dari tujuh kelahiran di Asia terpengaruh oleh diabetes gestasional.

Khusus Indonesia, Studi Kesadaran Diabetes Sun Life mengungkapkan hanya 18% yang menganggap kehamilan menjadi salah satu faktor risiko. Namun, sebagian besar juga tidak memiliki pemahaman bahwa diabetes gestasional dapat berdampak terhadap kesehatan bayi, seperti pembesaran kepala, masalah pernafasan dan kadar gula darah yang rendah.

Prevalensi diabetes merupakan tantangan kesehatan yang tengah mengemuka di kawasan Asia.

“Melalui Studi Kesadaran Diabetes, Sun Life sebagai penyedia jasa keuangan internasional memiliki komitmen dan fokus strategis pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap diabetes dan pencegahannya. Studi ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan informasi mengenai diabetes, meningkatkan persepsi positif terhadap penyakit ini, membantu masyarakat menjalani kehidupan yang lebih sehat – baik fisik maupun mental, serta yang paling utama membantu mereka memiliki kemapanan finansial seumur hidup,” kata Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.