Masuki Musim Tanam, Babinsa Pulung Ponorogo Dampingi Petani Olah Lahan

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Hujan yang turun setiap hari di wilayah Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo selama satu minggu terakhir menandai datangnya awal musim hujan tahun 2017.

Hal ini dimanfaatkan petani di wilayah yang berada di sisi timur Kabupaten Ponorogo ini untuk mulai mengolah lahan pertanian yang rencananya akan ditanam padi, sebelumnya lahan pertanian tersebut sebagian besar ditanami jagung yang telah menjadi andalan bagi petani di Kecamatan Pulung.

Sertu Purnomo, Babinsa Wayang Koramil 0802/17 Pulung Kodim 0802/Ponorogo melaksanakan pendampingan pengolahan lahan pertanian di Desa Wayang, Kecamatan Pulung seluas 4,75 Ha bersama dengan petugas pendamping dari UPT Dinas Pertanian dan Perikanan Kecamatan Pulung agar pelaksanaan olah lahan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga produksi padi yang dihasilkan dapat meningkat,Kamis (16/11/2017).

Sertu Purnomo dalam pelaksanaan pendampingan olah lahan pertanian padi kali ini sekaligus mensosialisasikan prosedur olah lahan yang didapatkannya dari kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Kodim 0802/Ponorogo tahun 2017 beberapa waktu lalu.

Menurutnya, olah lahan yang baik antara lain harus dilaksanakan pembalikan tanah, pemeriksaan PH tanah, sterilisasi lahan dengan penyemprotan Ramuan Organik Anti Hama (Roma) penyemprotan bahan-bahan aktif antara lain Tricoderma dan Ramuan Organik Pertanian (Rotan), semua bahan-bahan yang digunakan adalah buatan sendiri Babinsa tersebut guna perbaikan pola tanam oleh petani menuju kemandirian dalam sektor pertanian.(Pendim0802)