Penyuluhan Warga Kampung Sorido
Penyuluhan Warga Kampung Sorido

BIAK, KANALINDONESIA.COM :  Satgas TMMD ke- 111 non fisik menggelar penyuluhan kepada warga di Kampung Sorido, Biak. Satgas TMMD 111  dari dinas Pertanian, dinas Koperasi dan dinas Perikanan memberikan pembekalan kepada warga Kampung Sorido dalam upaya mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Balai Kampung Sorido, Rabu (23/6/21).

Dalam sambutannya, Kasdim 1708/BN Mayor Inf A.H Widagdo mewakili Dansatgas TMMD ke-111 menyampaikan, bahwa kegiatan TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga secara mandiri.

“Materi bidang pertanian, Koperasi dan Perikanan pada kegiatan TMMD Non fisik akan disampaikan oleh para penyuluh, agar warga menyimak dan memperhatikan lebih seksama, “kata Kasdim.

Sebanyak 30 orang warga Kampung Sorido yang mengikuti penyuluhan menyimak dan memperhatikan materi penyuluhan non fisik dari dinas Pertanian Mathius Rumpaidus (Plt. Kepala dinas DPMK), dinas Koperasi Ibu Meli Wamaer dan dinas Perikanan Ibu Yuli. Penyuluhan ini setidaknya memberikan ilmu dan pengetahuan bagi warga Kp. Sorido dalam upaya meningkatkan hasil usaha yang lebih maksimal.

Pada bidang pertanian materi penyuluhan dibawakan Yunus W mewakili Mathius Rumpaidus, menjelaskan, tentang usaha ketahanan pangan, bagaimana cara pemeliharaan lahan pertanian agar tidak cepat rusak, dan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber gizi masyarakat.

Begitu pula, yang dibawakan oleh pemapar lainnya memberikan penjelasan sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk memberikan pengetahuan kepada warga Kampung Sorido. Sejauh ini warga Kampung Sorido, dalam menjalankan usahanya, baik sebagai petani, nelayan maupun pedagang hanya dengan pengalaman yang dimilikinya, tanpa adanya bimbingan khusus.

Sementara ditempat terpisah, Kapenrem 173/PVB Mayor Caj Soebiyantoro menjelaskan, bahwa kegiatan TMMD 111 yang digelar TNI adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat sekitar, baik pada pekerjaan fisik Satgas TMMD membangun infrastruktur maupun pada sasaran non fisik untuk mendukung perekonomian warga. Dalam kegiatan ini, tetap mentaati aturan protokol Kesehatan, warga dianjurkan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI Polri, Lembaga Pemerintah Daerah, Lembaga Non Pemerintahan, swasta dan lapisan masyarakat telah terbukti memberikan andil dalam pembangunan daerah dan ketahanan wilayah,”jelasnya.@Wn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here