Home / Jatim

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:06 WIB

Butuh Anggaran Rp6 Miliar Lebih, Pemkab Ponorogo Bangun Sirkuit di Kelurahan Kadipaten

Editor - ARSO

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Pemkab Ponorogo menggelar rapat megaplan pembangunan sirkuit balap di Kabupaten Ponorogo yang di ruang rapat lantai dua gedung Bappeda, Kamis(19/05/2022)

Sirkuit yang direncanakan berada di Kelurahan Kadipaten ini ditarget akan rampung 5 tahun kedepan. Sebelumnya penempatan sirkuit berada di sekitaran Taman Wengker, Babadan.

Namun, dengan analisis lapangan berlanjut diputuskan bahwasannya kawasan tersebut dirasa kurang luas untuk dipakai dalam pembuatan sirkuit besar dan dipilihlah kawasan Jalan Niken Gandini, Kelurahan Kadipaten. Yang mana, rencana pembangunan tersebut dibutuhkan lahan seluas 140 ribu meter persegi.

Rapat yang dipimpin oleh LPMP Universitas Brawijaya Malang, Amin Tohari mengatakan, anggaran minimal untuk pembangunan sirkuit lebih dari Rp6 miliar.

Baca Juga  Diinisiasi UNS, Kampung Susu Lawu Magetan Gelar Tari Massal

“Pembangunan sirkuit untuk jalur lurus saja membutuhkan dana minimal sebesar Rp6 milliar, berarti kan kalau satu sirkuit penuh butuh lebih dari itu,” ujar Amin Tohari.

Sirkuit ini memiliki dua model, yang pertama model mandalika yang mana di dalam sirkuitnya terdapat track untuk motocross dan juga track lurus untuk drag race. Yang kedua, track alternatif yang disesuaikan kebutuhan setiap daerah dan dana yang dikeluarkan relatif sedikit.

Selain itu menurut Dian dari LPMP Universitas Brawijaya, menegaskan sirkuit ini akan dimulai pembangunan pada tahun ini.

“Rencananya pembangunan sirkuit dilakukan secara bertahap, diharuskan selama 3 tahun pembangunan ke depan harus sudah berbentuk fisik. Sehingga perizinan lahan kedepannya akan mempercepat pembangunan,” ucap Dian.

Baca Juga  Pastikan Hewan Ternak Aman Dari PMK Jelang Idul Adha, Kapolresta Tinjau Kandang Ternak

“Dengan dibangunya sirkuit ini nantinya bisa menjadi sarana untuk mencari bibit-bibit pembalab dan wadah menyalurkan hobi sehingga tidak lagi ditemui balapan liar di jalan raya,”ucap Bupati Sugiri.

Selain itu, Kang Giri berharap dengan adanya sirkuit tersebut bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk mencari pundi-pundi uang, bisa berdagang di sekitaran sirkuit dan sehingga perputaran ekonomi di tingkat bawah akan semakin tinggi.

Secara garis besar, sirkuit ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan karena maraknya balapan liar di kabupaten Ponorogo. (Wildan/ Tomi/adv)

Share :

Baca Juga

Jatim

Prajegan Sumringah Tanam Ratusan Pohon, Jika Tidak Sekarang Kapan Lagi

Jatim

Polsek Ploso Gerebek Perjudian Sabung Ayam di Desa Balongmojo

Demokrasi

Magetan Kirim 19 Peserta ke MTQ 29 Jatim

Jatim

Teka – Teki Siapa Dalang Kasus Pembakaran Mr.X di Bangkalan, Terungkap

Daerah

Kota Madiun Makin Indah Gegara Bantuan CSR Bank Jatim

Daerah

Aklamasi ! Bupati Lumajang Terpilih Sebagai Ketua IKA PMII Jatim

Jatim

Bojonegoro Meningkat Product Halal

Jatim

Kejati Kembalikan Aset Pemkot Surabaya Senilai Rp 80 M, Ketua DPD RI Minta Pengelolaan Diperkuat