Home / Ekbis / Nasional / News / Sport

Kamis, 19 Mei 2022 - 23:54 WIB

PLN Support Listrik Hijau Ramah Lingkungan Pada Gelaran Formula E

Editor - rudi

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: PT PLN (Persero) menyatakan siap mensupport listrik hijau ramah lingkungan yang bebas polusi udara dan suara demi kesuksesan gelaran balapan Formula E di kawasan Pantai Karnaval Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, yang berlangsung tanggal 4 Juni 2022 mendatang.

Hal itu dikemukakan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan kepada para wartawan, baru-baru ini.

Menurutnya, daya listrik yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E tersebut sebesar 7 MVA yang nantinya akan dipenuhi PLN dari energi bersih yang terjamin dalam produk Renewable Energy Certificate (REC).

“Melalui REC, PLN memastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia,” ungkap Doddy.

Baca Juga  UK Petra Surabaya Gelar Innofashion Show 4, Mahasiswa Desain Fashion & Tekstil Angkat Budaya Tenun Samarinda dan Zero Waste Fashion

Doddy mengungkapkan dukungan ini sejalan dengan program Pemprov DKI “Jakarta Langit Biru” untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Target Jakarta sendiri menjadi kota nol emisi pada 2050 dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. Penyelenggaraan Formula E bertujuan mengkampanyekan udara bersih Jakarta.

“Kami siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi dan suara dari produk energi terbarukan,” ungkapnya.

Baca Juga  Lawatan Presiden Jokowi ke Luar Negeri Bawa Misi Perdamaian ke Ukraina dan Rusia

Doddy menambahkan, total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E sebesar Rp 7 miliar. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang 6.8 Kilo Meter Square (KMS).

“Pembangunan gardu listrik sudah mencapai 80 persen dan direncanakan selesai 100 persen pada 25 Mei 2022,” katanya

“Selain REC, kami juga siap mendukung keandalan pasokan listrik selama penyelenggaraan Formula E dengan menyiapkan pasokan listrik berlapis dengan cadangan dan di backup UPS,” imbuh Doddy. @Rudi

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Bersyukur Vaksinasi di Tanah Air Capai 281 Juta

Nasional

Satgas Berikan Penghargaan Pejuang Penanganan Covid-19

Nasional

Pemerintah Perbolehkan Anak-Anak dan Remaja Mudik Tanpa Tes Covid-19
Doa bersama sambut Tahun 2022

News

Tutup Tahun 2021, Korem 173/PVB Gelar Doa Bersama Sambut Tahun 2022

Bisnis

Kebijakan PPnBM Dongkrak Penjualan Otomotif Hingga Lebih Dari 60 Persen

Jatim

Kota Kediri Masuk Nominator Kota Ramah Sepeda Pada Bike To Work Award 2021

Nasional

PLBN Cerminan Komitmen Pemerintah Bangun Indonesia dari Kawasan Perbatasan

Birokrasi

Jual Smarkost Fiktif di Mulyosari Surabaya, Bos Property Masuk Bui