Ketua DPR RI Sidak Persiapan Sidang Tahunan MPR RI

Ketua DPR RI Sidak keliling gedung DPRRI/MPRRI dalam Persiapan Sidang Tahunan MPR RI    (foto :istimewa)

KANALINDONESIA.COM : Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) kembali melakukan sidak persiapan sidang tahunan MPR RI, dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI ke – 71 tahun, pidato  Presiden RI Jokowi soal nota keuangan (RAPBN) 2017 di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Selasa (14/8/2016) mendatang.

Dalam sidak mengelilingi Gedung MPR/DPR RI khususnya di ruangan utama kura-kura yang akan ditempati sidang tahunan tersebut, Akom didampingi didampingi Sekjen DPR RI Hj. Winantuningtyastiti dan jajaran sekretariat jenderal DPR RI.

Menanggapi isu pergantian Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) yang dijabat oleh Sutiyoso, Akom menegaskan jika pihaknya belum mendengar kabar tersebut.

Baca:  Penyidikan Selesai, Romahurmuzy Akan Segera Diadili

“Kalau memang ada pergantian, ya DPR RI akan menindaklanjuti untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Tapi, sampai saat ini belum ada kabar dan itu hak prerogatif Presiden RI,” ujarnya.

Menurut Akom, DPR pada posisi menunggu. Mengapa? Karena yang memahami kinerja BIN itu bagus atau tidak, pasti Presiden Jokowi.

“Yang jelas fungsi pengawasan DPR RI itu berkaitan dengan kebijakan-kebijakan BIN. Tapi, bagaimana hasil kinerjanya itu DPR pasti tidak bisa menilai secara seksama, karena itu kewenangan Presiden RI,” tambahnya.

ZAL