Home / Daerah / Health / Jatim

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:03 WIB

Tekan Penyebaran PMK, Dinas Pertanian Gresik Beri Vitamin pada Hewan Ternak

Editor - ARSO

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Dinas Pertanian Kabupaten Gresik dibantu instansi terkait Kecamatan Wringinanom memberikan suntikan obat dan vitamin pada hewan ternak yang belum terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan pada hewan ternak yang lain. Pada kesempatan itu, Dokter hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, drh Budi didampingi Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan perangkat desa setempat, berkunjung ke kandang sapi milik Choirul warga Desa Sembung, Wringinanom, Gresik, Jatim.

Sejauh ini, selama wabah PMK menyerang di Kota Pudak, terdapat 7 ekor sapi yang sembuh, 20 ekor sapi dalam masa penyembuhan, 10 ekor sapi terpaksa harus disembelih sebelum mati, karena kondisinya yang sudah kritis.

Baca Juga  Jelang Pilpres, Barikade Gus Dur Jatim Berharap Tak Gunakan Politik Identitas

Bhabinkamtibmas Polres Gresik meninjau kondisi ternak di kandang milik Choirul di Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom. Di sana terdapat 27 ekor sapi yang mendapat penanganan dan pengawasan dari Dinas Pertanian Gresik.

Kapolres Gresik melalui Bhabinkamtibmas Desa Sembung, Aiptu Adi Santoso, menyampaikan,” giat ini dalam rangka pemantauan dan monitoring penyuntikan vitamin dan obat-obatan ternak, termasuk antibiotik untuk meningkatkan imun ternak serta penyemprotan desinfektan pada kandang,”ujarnya.

Baca Juga  10 Finalis Stand Up Comedy Meriahkan HUT Bhayangkara ke 76

Tim Dinas Pertanian Gresik turun langsung dalam penyuntikan ini. Sebab, pengobatan terharap hewan ternak yang terpapar PMK hanya boleh dilakukan dokter hewan.

Pemkab Gresik dan Satgas PMK telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran. Diantaranya penutupan pasar hewan, penyekatan daerah perbatasan dan penyuntikan vitamin. Pemerintah juga menyiapkan jaring pengamanan sebesar Rp 10 juta sebagai ganti rugi sapi yang dipotong paksa.(Irwan)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPRD Magetan Ajukan 2 Raperda Inisiatif

Jatim

Ajak Perangi Rokok Ilegal, Kang Giri Permudah Pengurusan Ijin Rokok Ilegal

Jabar

Di Masa PPKM Level, Personel Polsek Cantigi Sambangi Desa Tangguh

Jabar

Ini Lokasi Patroli Strong Point Personel Polsek Indramayu Pada Sabtu Siang

Jabar

Polsek Indramayu Bagi Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19 di Kelurahan Paoman

Jabar

Personel Polsek Indramayu Monitoring Vaksinasi di Puskesmas Margadadi

Jabar

Personel Polres Indramayu Gelar Patroli Strong Point Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif

Jabar

Pembagian Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Dipimpin Kapolsek Juntinyuat