Erupsi Gunung Agung, 45 Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Dibatalkan

KANALINDONESIA.COM, BANDUNG:  Tak kurang dari 45 penerbangan dalam dan luar negeri yang terpaksa membatalkan penerbanganya dari ataupun menuju Bandara Ngurai Rai Bali.

Pembatalan penerbangan akibat letusan Gunung Agung tersebut merupakan inisiatif dari masing-masing maskapai, terutama airlines asing.

“Ada beberapa penerbangan internasional yang cancel. Keputusan datang dari pihak maskapai karena mereka memiliki SOP terkait kondisi darurat bencana,” ucap GM Angkara Pura I Bandara Ngurah Rai Yanus Suprayogi.

Padahal, otoritas Bandara Gusti Ngurah Rai memastikan kondisi masih aman sehingga belum menerapkan penutupan atau close airport.

Tak hanya airlines asing, namun hampir semua maskapai domestik seperti Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia dan Lion Air juga membatalkan penerbangan.

Ada sepuluh penerbangan keberangkatan domestik yang dibatalkan dengan jumlah penumpang 1.381.

Sementara untuk penerbangan kedatangan domestik ada sepuluh penerbangan dengan jumlah calon penumpang mencapai 1.356 orang yang dibatalkan.

Sedangkan untuk keberangkatan internasional ada 15 penerbangan yang ditunda. Jumlah calon penumpangnya mencapai 2.903 orang.

Adapun untuk kedatangan internasional ada sepuluh penerbangan dengan jumlah calon penumpang 1.468 penumpang yang ditunda. Dengan demikian, total ada 7.108 calon penumpang yang tertunda keberangkatannya dari ataupun menuju Bali karena insiden ini.

“Hingga pukul 22.15 WITA proses refund ticket bagi penumpang Air Asia domestik masih berlangsung dengan aman dan lancar,” ujarnya.