Donor Darah Rangkaian Kegiatan Haul Pendiri Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji, Lamongan

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Untuk memperingati Haul para Masyayikh, Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah menggelar berbagai macam agenda kegiatan selama tujuh hari berturut – turut (21 – 27 Nopember 2017) bertempat di Kompleks Pondok Pesantren yang berada di Desa Kranji Kecamatan Paciran Lamongan.

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Haul Ke-69 KH. Musthofa serta para Masyayikh ini diantaranya, kegiatan Donor darah, Sunatan Massal, Gebyar Sholawat, Festival Banjari, Qiro’atul Qur’an. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan hari ini, minggu (26/11/2017) adalah Donor darah.
Panitia Pelaksana kegiatan Khitanan Massal dan Donor Darah Agus Roni Afandi, A.Md.Kep. mengatakan, kegiatan khitanan masal diikuti oleh 31 anak yang dilaksanakan pada hari Kamis (23/11/2017) kemarin, sedangkan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada hari ini diikuti 53 pendonor. Kegiatan ini merupakan acara rutin tiap tahun dalam rangka Haul para Masyayikh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah.

Lebih lanjut Agus Roni mengatakan, kegiatan donor darah ini adalah satu dari sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam peringatan Haul tahun ini. Alasannya memilih aksi donor darah sebagai salah satu kegiatan dalam rangka Haul para Masyayikh ini karena menurutnya, dengan mendonorkan darah satu kantong akan menyelamatkan nyawa manusia lainnya dan dengan donor darah ini kita membantu orang lain tanpa diketahui siapa penerimanya.

“Tanpa membedakan suku, ras, adat, agama, dan budaya seseorang yang akan menerimanya karena kita tidak tahu. Kita hanya berdasarkan azas kebersamaan, dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya, usai acara, di Komplek Pondok Pesantren, Minggu (26/11/2017).

”Kami selaku panitia pelaksana merasa berbangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya aksi ini sebagai bentuk kepedulian nyata masyarakat terhadap sesama, tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial belaka,” sebutnya. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang membutuhkan darah dapat mempergunakan dengan baik.

Ada pun puncak acara haul pendiri dan masyayikh PP Tarbiyatut Tholabah, pesantren yang berdiri sejak tahun 1898 ini, akan diisi istighosah kubro dan Pengajian umum. Rencananya, acara haul juga akan dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang juga bakal calon Gubernur Jawa Timur. (Omdik)