Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia di Madinah

jamaah haji indonesia asal ponorogo meninggal di masjid nabawi ( ilustrasi)

KANALINDONESIA.COM : Seorang jamaah haji Indonesia asal Ponorogo, Jawa Timur, Senen bin Dono Medjo(79) meninggal dunia  di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (12/08/2016) sekira pukul 19.00 WIB malam waktu setempat.

Berdasarkan informasi certificate of death (COD) dari tim Daerah Kerja Madinah, diketahui  penyebab wafatnya Senen karena tekanan darah tinggi dan acute miocard infark (AMI).

Selain itu, kondisi yang berhubungan langsung dengan kematiannya adalah dehidrasi dan cardiopulmonary arrest atau kehilangan fungsi jantung secara mendadak.

Senen yang berasal dari Dukuh Pintu, Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo ini tergabung dalam nomor kloter SUB-07 dengan nomor paspor B-3252724 dan tercatat sebagai jamaah pertama yang meninggal dunia.

Baca:  Bertemu PM Modi, Presiden Jokowi Ingin Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Sementara itu hingga hari ke empat pemberangkatan, jamaah haji Indonesia yang sudah mendarat di Madinah mencapai 219.788 orang yang disertai oleh 245 petugas kloter.

Jamaah haji gelombang pertama itu diberangkatkan dari bandara Halim Perdanakusuma menuju Madinah untuk tinggal selama sekitar sembilan hari guna menjalankan ibadah Arbain atau shalat wajib berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 rakaat tanpa putus.

Mulai 18 Agustus secara bertahap mereka akan bergeser ke Mekkah untuk mengikuti prosesi puncak haji.

WAD