Meriahkan HUT ke 1137, Disbudparpora Kota Kediri Gelar Tournamen Catur, Peserta Membludak

 

Sekda Kediri kota Budui Sunu dalam pertandingan eksebisi melawan atlit catur           foto : gendut Marmoyo

KANALINDONESIA.COM : Peserta tournamen Catur kota Kediri membludak hingga 400 lebih peserta kelas senior umum, SMA dan SMP. Acara Tournamen yang diselenggarakan oleh Disbudparpora Kota Kediri dalam menyambut HUT Kota Kediri ke 1137 juga untuk mencari atlit-atlit muda berbakat dan juga memasyarakatkan cabang Olah Raga Catur. .

Pembukaan tournamen catur diwarnai pertarungan antara Sekda kota Kediri, Budui Sunu HS melawan atlit catur yang masih pelajar Sekolah Dasar (SD) menyita perhatian penonton.

Sementara itu Budui Sunu HS, dalam pembukaan tournamen mengatakan, kegiatan positif seperti ini selayaknya sering diadakan oleh Percasi maupun Disbudparpora,”kalau bisa kompetisi dan juga tournamen catur bisa diadakan sesering mungkin, untuk mengasah atlit atlit muda,”kata Budui Sunu, Kamis(11/08/2016) sore di GOR Joyoboyo.

Baca:  IPSI terget 3 Emas di Asian Games 2018

Lebih lanjut Budui mengatakan, tournamen catur ini, selain menyambut HUT kota Kediri ke 1137, juga merupakan ajang mencari atlit muda untuk dibawa ke tingkat nasional,”kegiatan tournamen ini selain memeriahkan HUT Kota Kediri, juga menjaring atlit muda untuk dibawa ke tingkat nasional bahkan Internasional,”ucap Budui.

Banyaknya peserta tournamen catur ini juga membuat Budui Sunu kaget,”peserta yang ikut empat ratus lebih, berarti menandakan bahwa warga Kota Kediri ini sangat senang dengan olah raga catur, pemerintah akan menindaklanjuti hal ini,”tegasnya.

Sekda juga berharap pada atlit dan juga wasit untuk menjaga sportifitas permainan “Jangan ada kecurangan-kecurangan, bagi pemain kalah menang itu sudah biasa yang penting berani tampil dan melatih mental bertanding,”pungkas Budui.

Baca:  Pecahkan Rekor MURI, 1700 Pelajar Manari Cakalele Warnai Pembukaan LPI U-14 dan U-16

Dalam tournamen ini, peserta dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas umum, kelas SMA dan kelas SMP. Jumlah peserta umum senior 68 peserta, SMA putra 124 dan putri 25 orang.

Sedangkan kelas SMP putra 84 dan putri 21 peserta. Total hadiah berupa uang pembinaan mencapai Rp 20 juta dan juga mendapatkan trophy serta piagam dari Percasi kota Kediri.

Gendut Marmoyo