LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: Bunda PAUD Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengikuti peluncuran RAN PAUD-HI (Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif) tahun 2020-2024 secara virtual di Ruang Kerjanya, Kamis (24/6).

Tahapan anak usia dini merupakan periode utama dan sangat penting dalam siklus kehidupan yang harus mendapatkan perhatian besar dari keluarga dan masyarakat. RAN PAUD-HI merupakan strategi pengembangan SDM yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030 dan generasi emas tahun 2045.

Pemerintah mengajak dan mendorong Pemerintah Daerah untuk turut mensukseskan pelaksanaan dan keberlanjutan RAN PAUD-HI demi mewujudkan SDM Indonesia yang unggul. Deputi Bidang Koordinasi PKAPP Kemenko PMK RI, Femmy Eka Kartika Putri, mengungkapkan bahwa PAUD-HI dimulai dengan memberikan layanan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin, dilanjutkan dengan layanan kepada ibu hamil dan anak sejak dalam kandungan sampai dengan usia 6 tahun untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam, saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

“Kebutuhan esensial anak ini meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, pembinaan moral emosional, dan pengasuhan yang baik, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai kelompok umur,” terang Femmy.

RAN PAUD-HI juga diharapkan menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyusun rencana aksi daerah PAUD-HI. “Kami berharap seluruh Kabupaten/Kota dapat mengimplementasikan PAUD-HI di daerahnya, untuk menjamin terwujudnya SDM yang berkualitas sejak usia dini,” tambah Femmy.

Peluncuran RAN PAUD-HI juga diharapkan mampu membangun kekuatan bersama antara orangtua, guru, masyarakat dengan stakeholder yang terlibat, baik Pemerintah Daerah maupun dinas-dinas lain yang terlibat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here