Panitia Penjaringan Perangkat Desa Kendal Perpanjang Waktu Pendaftaran

KANALINDONESIA.COM, KENDAL: Tim Penjaringan Perangkat Desa yang ada di Kabupaten Kendal, menyatakan akan melaksanakan perpanjangan waktu pendaftaran. Hal tersebut dilakukan lantaran, berdasarkan hasil penelitian kelengkapan dan keabsahan berkas persyaratan administrasi pendaftaran, menunjukkan pelamar yang memenuhi persyaratan kurang dari dua orang.

Menurut Wahyu, pelaksanaan tes bagi perangkat ini digelar secara serentak. Sehingga pelaksanaan tes terpaksa ditunda karena adanya 22 desa yang belum memenuhi jumlah persyaratan pelamar minimal, untuk beberapa jabatan.

“Penelitian kelengkapan dan keabsahan persyaratan administrasi pendaftaran sebenarnya telah dilaksanakan oleh tim pada Kamis (23/11) lalu. Dari 3.788 pelamar, yang memenuhi persyaratan hanya 3.635 pelamar,” ungkapnya usai jumpa pers terkait pelaksanaan pengisian kekosongan jabatan perangkat desa Kabupaten Kendal tahun 2017, Kamis (30/11/2017).

Bupati Kendal, Mirna Annisa, menyatakan, tes nantinya akan dapat dilihat hasilnya, secara langsung setelah ujian tersebut dilaksanakan. Pasalnya, tes seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT), dengan menunjuk pihak ketiga selaku lembaga assesment.

“Lembaga assesment berasal dari Provinsi Jateng dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Jadi kemungkinan dicurangi akan susah karena hasilnya bisa langsung dilihat dan prosesnya dikawal ketat oleh kedua lembaga assesment tersebut,” tegasnya.

Tes akan dilaksanakan pada Minggu (17/12/2017) nanti, karena beberapa peralatan memakai fasilitas Kecamatan atau instansi yang ditunjuk. Alasan digelar tes seleksi pada hari Minggu, karena sebagian besar menggunakan fasilitas sekolah. Sementara ini sudah ada 14 sekolah yang fasilitasnya dinyatakan layak untuk tes seleksi.

“Jadi agar tidak mengganggu proses belajar mengajar maka dilaksanakan pada hari Minggu,” tuturnya. (eko)