Mudahkan Pengguna Kendaraan Listrik, PLN Tambah SPKLU di Banten

- Editor

Kamis, 26 Mei 2022 - 21:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANGERANG, KANALINDONESIA.COM: PT PLN (Persero) terus mendorong transisi energi bersih dengan mengakselerasi terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Salah satunya, dengan meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ke-5 di Aeropolis Tangerang, Banten.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Sandika Aflianto berharap dengan terus bertambahnya SPKLU dapat mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk melakukan charging dan juga dapat menggugah masyarakat yang lainnya untuk tidak ragu menggunakan kendaraan listrik.

“Kami yakin kendaraan berbasis listrik ini adalah kendaraan masa depan yang akan semakin bertambah penggunanya, sehingga kami berkomitmen untuk menyiapkan infrastrukturnya,” ungkap Sandika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelumnya Provinsi Banten telah memiliki empat SPKLU yang berada di AEON Mall Tangerang Selatan, Supermall Karawaci Tangerang, Mall Tangerang City, serta di Kantor PLN UID Banten. Dan kini bertambah dengan beroperasinya SPKLU ke-5 di Aeropolis, yang merupakan area perhotelan dan apartemen yang dekat dengan wilayah metropolitan Tangerang dan juga Bandara Soekarno Hatta.

Sandika menuturkan, pengembangan infrastruktur kendaraan listrik ini merupakan komitmen PLN terhadap Peraturan Presiden terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) serta sebagai upaya untuk dapat berkontribusi pencapaian Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Baca Juga :  Dukungan untuk Khofifah Emil Jilid ke 2 Terus Bermunculan , Kali ini JKSN Jatim Mengaku Siap All out untuk Khofifah-Emil

“Kami terus berupaya untuk menggandeng berbagai pihak untuk dapat turut menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, namun juga dalam jangka panjang, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui,” lanjut Sandika.

Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin mengapresiasi langkah PLN untuk kembali menghadirkan SPKLU di Kota Tangerang dan menjadi komitmen pemerintah pusat dalam upaya menghemat energi sebagai sumber daya yang terbarukan dan dapat terus diperbaharui.

“Kami dari pemerintah daerah mendukung penuh program-program berkelanjutan demi lingkungan yang lebih baik di masa mendatang, juga turut memberikan nilai tambah bagi kemajuan di Kota Tangerang,” ujar Sachrudin.

Kendaraan listrik ini dinilai mampu menghemat energi sampai 80 persen dibandingkan kendaraan konvensional dengan BBM, sehingga hal ini menjadi lompatan besar di bidang teknologi khususnya pengembangan teknologi hemat energi.

“Kami berharap Kota Tangerang menjadi pilot project smart city dengan akomodasi mobil listrik sebagai transportasi umum dan membuka peluang bagi siapapun untuk berinvestasi di Kota Tangerang seperti perusahaan pendukung elemen kendaraan listrik. Semoga hal ini bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan demi menjaga ekosistem dan sumber daya yang ada di bumi kita,” jelas Sachrudin.

Baca Juga :  Satpol PP Pamekasan Razia Gerobak PKL Tak Bertuan Yang Sering Membuat Macet Arus Lalin

Sejalan dengan itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT Intiland Development Tbk, Permadi Indrayoga, menyambut baik  pembangunan penyediaan sarana pendukung fasilitas SPKLU di proyek Aeropolis, Tangerang. Ia berharap kerja sama ini bisa terus diperluas dengan menyediakan layanan SPKLU ke proyek-proyek Intiland yang lainnya.

Keberadaan SPKLU ini akan meningkatkan mutu layanan kepada para konsumen sekaligus mendukung gerakan Electrifying Lifestyle yang menjadi tren baru gaya hidup masyarakat.

“Sebagai perusahaan publik kami memiliki sustainable development program, yang berorientasi kepada lingkungan, dengan tujuan untuk mencapai net zero emission di tahun 2060. Salah satu wujud dukungan perseroan yaitu dengan program pendirian SPKLU di kawasan Aeropolis ini,” terang Permadi.

Permadi menuturkan, SPKLU di Aeropolis ini telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile. Pengguna kendaraan listrik hanya perlu masuk ke dalam fitur Charge In dan melakukan scan barcode yang ada di SPKLU Aeropolis, dan saat telah terhubung pengguna kendaraan listrik bisa memilih besaran daya yang akan diisi.

“Sebagai bentuk kerja sama kami dan PLN, saat ini kami tidak mengenakan charge atau memberikan tarif untuk area kami, sehingga kami betul-betul beri full support untuk menyukseskan program SPKLU ini,” pungkas Permadi.

Berita Terkait

Diduga Sakit, Seorang Pria Asal Banyumas di Temukan Tewas di Kamar Kos
Jelang Lebaran, Kapolda Jateng Tekankan Pengamanan Jalur Mudik dan Peredaran Petasan
Dihadiri Ratusan Jama’ah Masjid, Peringatan Nuzulul Qur’an di Selayar Berlangsung Semarak
Polsek Bandungan Lakukan Pembinaan Kepada Belasan Remaja Terlibat Perang Sarung
Jelang Berbuka, Polres Semarang Bagikan Ratusan Takjil
Buntut Protes Warga Dusun Grompol Cairkan CSR, Warga yang Lain Meminta PT SJA Ditutup
Masuk Hari ke-17 Bulan Ramdhan, Srikandi PLN Bagikan Takjil pada Masyarakat
Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Batalkan

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:49 WIB

Diduga Sakit, Seorang Pria Asal Banyumas di Temukan Tewas di Kamar Kos

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:26 WIB

Jelang Lebaran, Kapolda Jateng Tekankan Pengamanan Jalur Mudik dan Peredaran Petasan

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:05 WIB

Polsek Bandungan Lakukan Pembinaan Kepada Belasan Remaja Terlibat Perang Sarung

Jumat, 29 Maret 2024 - 02:48 WIB

Jelang Berbuka, Polres Semarang Bagikan Ratusan Takjil

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:13 WIB

Buntut Protes Warga Dusun Grompol Cairkan CSR, Warga yang Lain Meminta PT SJA Ditutup

Kamis, 28 Maret 2024 - 20:34 WIB

Masuk Hari ke-17 Bulan Ramdhan, Srikandi PLN Bagikan Takjil pada Masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:50 WIB

Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Batalkan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN Pantau Pasar di Tangerang Selatan

KANAL TERKINI

KANAL NASIONAL

DPR Tetapkan Keanggotaan Pansus RUU Paten

Jumat, 29 Mar 2024 - 11:28 WIB

KANAL MILITER

Entry Briefing Komandan Seskoal Laksma TNI Fauzi

Jumat, 29 Mar 2024 - 06:07 WIB

Foto :MKRI

KANAL PEMILU

KPU dan Pasangan Prabowo-Gibran Bantah Lakukan Kecurangan

Jumat, 29 Mar 2024 - 05:53 WIB