Kirsuh: Tes Perangkat Desa Gedongboyo Untung Lamongan Diduga Sarat Kecurangan Panitia

Puluhan warga Protes datangi kantor Desa Gedongboyo Untung( Foto: Fer_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN: Tes pemilihan perangkat desa di wilayah Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur diduga tidak Sportiv. Panitia bermain dengan peserta tes calon perangkat desa, khususnya Desa Gedongboyo Untung dan beberapa peserta mengeluhkan ketidakberesan pelaksanaan tes penerimaan perangkat.

Kastini salah satu peserta tes perangkat mengatakan dari awal saya merasa dicurangi, pemberitahuan tes ujian mendadak. Dan kemudian dalam penghitungan hasil ujian tidak transparan. Sebab, para peserta tidak diperbolehkan untuk melihat.

“Masa pas diakhir perhitungan kita peserta tidak boleh lihat dan tidak transparan,” jelasnya.

Kastini bersama 5 peserta dan warga lainnya memprotes adanya indikasi kecurangan yang dilakukan panitia. Itu dilihat dari hasil nilai ujian yang tidak masuk akal yakni nilai 3 peserta yang lulus hampir sempurna dari kebenaran keseluruhan lembar jawaban.

Baca:  Merasa Tertipu Iming-iming Investasi, Ibu-Ibu di Trenggalek Melapor Polisi

“Ndak mungkin mas. Kok mereka bisa jawab semua hampir sempurna nilainya. Ini pasti ada indikasi kecurangan kebocoran soal,” tambahnya.

Para peserta sangat menyayangkan adanya kecurangan dalam tes perangkat desa yang menduduki jabatan Kepala Dusun dan Kasi Pemerintahan. Mereka juga menilai kecurangan tersebut dilihat dari peserta yang lulus masih keluarga Ridwan Kepala Desa Gedongboyo Untung.

“Peserta yang lulus masih keluarga dari Kades Gedongboyo Untung. Padahal yang lulus di jabatan kepala dusun cuma pekerja sopir, dan mendapat nilai seratus,” kata warga.

Warga juga mengatakan, informasi panitia mengeluarkan nilai kenapa bersamaan setelah selesai semua nunggu 10 hingga 20 menitan dan baru keluar nilai. Dengan alasan para peserta yang tidak lulus tidak tahu yang salah dan benar.  Tes tersebut tidak wajar dan dianggap tidak beres.

Baca:  Inilah Guk Yuk Kabupaten Jombang 2020 Terpilih

“Dimana-mana nilai 100 itu tidak ada, apalagi dari ketiga perserta yang diduga orang dekat Kades dan perangkat kesemuanya mendapat nilai hampir mendekati 100 persen benar jawabannya. Aneh kan,” jelasnya.

Masyarakat Desa Gedongboyo Untung minta kepada pihak terkait khususnya petinggi Kecamatan Turi menindak lanajuti ketidak beresan hal tersebut. Ketua panitia dan panitia belum bisa dikonfirmasi terkait permasalahan pelaksanaan tes perangkat desa yang ditengarai terdapat kecurangan dan hal yang tidak masuk akal dalam prakteknya. (Fer)