Mensos RI Memilih 500 Desa Dari 5000 Program DSM

Mensos RI Kofifah Indar Parawansa ( foto : kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM : Dari 5000 program desa sejahtera mandiri (DSM) di seluruh Indonesia dan ditawarkan kepada para menteri kabinet kerja.

Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa memilih 500 desa untuk dibina dan dijadikan desa mandiri. Hal itu disampaikan Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa dihadapan para undangan terdiri dari Bupati Bangkalan, Wabup Bangkalan, Forpimda Bangkalan, Rektor, Dosen dan ratusan mahasiswa saat menjadi dosen tamu di Universtitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan Jawa Timur.

Menurut Mensos Khofifah, dari 500 desa mandiri binaannya, programnya sudah ditawarkan kepada 14 perguruan tinggi (PT) di Indonesia, diantaranya Unhas, UGM, UMM dan lain-lain. Sekarang UTM Bangkalan dipersilahkan mau milih dimana?
Rektor UTM Bangkalan juga sudah menyatakan siap bermitra dengan Mensos Ri dan nantinya akan direalisasikan lewat kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa didesa mandiri binaan yang menjadi target Mensos.

Baca:  Presiden Jokowi Ikuti KTT ASEAN khusus Tentang Covid-19

“Transformasi ilmu pengetahuan dan skill sebenarnya butuh waktu panjang.
Tapi jika bermitra denga sejumlah PT hanya membutuhkan waktu seminggu mahasiswa sudah bisa melakukan pemetaan desa mana saja yang pantas masuk katagori desa sejahtera mandiri. Konsep dari desa mandiri adalan one village, one sister university,” papar Mensos Khofifah, Senin (15/08/2016).

Menurut Khofifah, kemitraan antara Mensos RI dengan beberapa kampus termasuk UTM Bangkalan nantinya akan disinergikan lewat hal-hal yang dianggap penting untuk kemajuan desa. Seperti cek and ricek fasilitas umum (fasum), fasilitas sosial (fasos), sarana lingkungan (sarling).
Dilihat dulu apakah sudah tersedia atau belum? Kalau belum ada, perlu segera direalisasikan oleh para mahasiswa lewat KKN. Termasuk sistim layanan rujukan terpadu (SLRT) juga akan segera dibangun didesa.
SLRT ini fungsinya cukup penting karena jika didesa mandiri tersebut ada kerusakan jalan, KDRT, pembagian PKH, raskin dan lainnya bisa segera diketahui dan diambil tindakan yang dianggap perlu.

Baca:  Dokumen Kependudukan Cukup Penting Untuk Dimiliki Oleh Masyarakat Bangkalan

“Kita berharap program 500 desa untuk dibina dan dijadikan desa mandiri. Akan berjalan sukses,” pungkas Mensos Khofifah.

(Yans)