Dalam Rangka Penyampaian Pidato Presiden RI

KANALINDONESIA.COM ; Mengawali pidato, Ketua DPR Ade Komarudin kembali menyampaikan salah satu cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia yang paling fundamental, yaitu penciptaan kesejahteraan umum yang seluas-luasnya. Sekali lagi kita perlu mengutip Bung Karno Sang Proklamator, dengan menegaskan bahwa “Kemerdekaan adalah sebuah jembatan emas, sebuah alat untuk mencapai tujuan-tujuan besar dalam memajukan Republik Indonesia”.

Salah satu instrumen utama guna mewujudkan cita-cita mulia tersebut adalah anggaran negara yang berpihak pada prioritas-prioritas pembangunan, yang disusun dengan merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Ketua DPR mengatakan, di berbagai belahan dunia, ekonomi sedang melambat. Negara-negara maju yang selama ini menjadi dinamo perekonomian dunia belum berhasil keluar dari berbagai kesulitan yang ada. Semua ini menurunkan aktivitas perekonomian internasional dan menciptakan tantangan yang tidak mudah. DPR memahami semua itu dan mengajak seluruh rakyat untuk bekerja semakin giat agar situasi dunia yang sulit tidak berimbas negatif kepada perekonomian kita. Bahkan kita harus yakin, bahwa kesulitan selalu menciptakan kesempatan bagi mereka yang aktif dan kreatif.

Baca:  Ketua MPR Adakan Rapat Konsultasi Bersama Kelompok DPD

Kita berharap bahwa anggaran yang diajukan oleh Presiden RI, adalah cermin dan kristalisasi dari tekad kita bersama untuk mengatasi berbagai kesulitan yang ada, sambil terus berusaha memajukan berbagai hal yang bersifat strategis.

Anggaran negara bukanlah sekadar rangkaian angka-angka dan statistik, melainkan cerminan sikap kita, prioritas kita, bahkan filosofi kita dalam membangun Indonesia. Kita menambah dan meningkatkan anggaran pendidikan bukanlah sekedar untuk memperbanyak sekolah, tetapi untuk membuka lebih banyak kemungkinan, agar anak-anak Indonesia menjadi cerdas, semakin berpengetahuan luas, serta semakin siap menghadapi kehidupan ini.

Demikian pula peningkatan dana pembangunan infrastruktur, bukan hanya sekedar untuk membangun jalan dan jembatan, tetapi untuk menciptakan lebih banyak kemungkinan agar Indonesia semakin menyatu, agar interaksi masyarakat lebih dinamis, dan dengan semua itu roda perekonomian kita mampu berputar lebih cepat lagi. Dewan yakin bahwa dengan kerja keras dan semangat kebersamaan, dengan kepemimpinan yang ikhlas dan kreatif, semua itu mampu kita lakukan dengan lebih baik lagi di masa mendatang.

Baca:  Lemonilo Perkenalkan The Baldys Sebagai Brand Ambassador