Mendarat di Lanud Iswahyudi, 4 Pesawat Tempur F-16 Siap Jaga Kedaulatan NKRI

salah satu pesawat tempur setelah mendarat di Lanud Iswahjudi Magetan( foto: Choiri_kanalindonesia.com)

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Tentara Nasional Indonesia(TNI), Angkatan Udara kembali kedatangan 4 pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.

Keempat pesawat tempur F-16 jenis C ini langsung diterbangkan dari Amerika Serikat, yang sebelumnya transit di Hawaii dan Ghum, dengan dipiloti oleh anggota Angkatan Udara dari Amerika tiba di landasan udara Lanud Iswahjudi, Magetan pada selasa,(12/12/2017).

Dengan datangnya 4 pesawat tempur F-16 ini, berarti sudah ada 22 pesawat F-16 dari 24 pesawat F 16 yang dipesan oleh Indonesia. Keempat pesawat tersebut merupakan kelanjutan dari pesawat tempur F-16 yang dibeli oleh Indonesia.

Sedangkan untuk penempatannya, 24 pesawat tempur tersebut akan dibagi dua,10 pesawat di Skadron 3 Lanud Iswahyudi, dan 14 pesawat di Skadron Lanud Rusmin Nurjadin, Pekanbaru.

Baca:  Dankodiklatad Pimpin Kenaikan Pangkat Personel Militer Dan PNS Kodiklatad

Menurut Komandan Lanud Iswahyudi Magetan, Marsekal Pertama Samsul Rizal, kedatangan pesawat tempur F-16 gelombang terakhir ini rencana awal ada 6 pesawat, karena ada sedikit masalah pada mesin, akhirnya 2 pesawat harus ditinggalkan di Hawaii, Amerika untuk dilakukan perbaikan.

Diharapkan, dengan datangnya pesawat tempur F-16 super canggih dari Amerika Serikat ini bisa menambah kekuatan udara pertahanan Negara Republik Indonesia, menjaga kedaulatan NKRI dari serangan musuh.(Choiri)