Komunitas Pemuda dari Berbagai Kalangan, Gelar Upacara Kemerdekaan

komunitas pemuda saat mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI di depan kampus Undar

KANALINDONESIA.COM :Puluhan pemuda lintas komunitas menggelar upacara peringatan kemerdekaan HUT RI ke-71 di halaman depan kampus Undar Jombang. Komunitas ini terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pegiat musik, pecinta satwa, Slanker, komunitas Punk dan penggemar sepeda ontel tua, serta penggiat seni yang ikut dalam barisan peserta upacara.

“Peserta terdiri dari komunitas reggae, anak Punk, komunitas musik metal, slanker, penggemar ontel, pecinta satwa, dan lainnya,” ungkap Ipang Kurniawan.(17/08/2016)

Mayoritas peserta menggunakan pakaian ala kadarnya, dan didominasi pakaian serba hitam. Namun demikian nampak juga yang menggunakan baju putih layaknya petugas upacara serta, ada juga yang menggunakan baju batik.

Baca:  Forum Ulama, Bathsul Masail Sikapi Muktamar Ke 33 NU

Berbeda dengan upacara pada umumnya yang secara formal, nampak pembina upacara tidak menggunakan sepatu, hanya memakai sandal. Meskipun demikian, pembina upacara tetap terlihat percaya diri dengan penampilannya.

“Bagi kami yang terpenting teman-teman bisa memperingati hari kemerdekaan bangsa ini. Kalau persoalan atribut kami memberi kebebasan sesuai komunitasnya masing-masing, asal masih wajar dan tetap sopan,” tegasnya.

Lanjutnya, Ipang mengatakan, upacara tersebut juga untuk menguatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda. “Kita semua merupakan anak muda bangsa yang harus bangga dan bersyukur bisa menikmati kemerdekaan. Bentuk hormat dan bangga kita terhadap bangsa ini salah satunya dengan memperingati hari kemerdekaan,” ujarnya.

Masih menurut Ipang,”Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun negeri. Jadi, dengan kemampuan masing-masing kita harus membangun negeri. Dan hargai perjuangan pahlawan kita,” pungkasnya.

Baca:  Edarkan Pil Koplo Pada Pelajar, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

(elo)