Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Makostrad Melaksanakan Upacara Hut RI Ke 71

Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Makostrad Melaksanakan Upacara Hut RI Ke 71

KANALINDONESIA.COM : Seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Makostrad melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hut ke-71 Republik Indonesia tahun 2016 di Lapangan upacara Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Rabu (17/8/16).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Cucu Somantri, Komandan Upacara Kepala Penerangan Kostrad Letnan Kolonel Inf Agus Bhakti, S.I.P dan sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945 Letnan Satu Inf T Marbun dari Pembinaan Mental Kostrad.

Kaskostrad membacakan amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono Kasad menyampaikan, bahwa melalui peringatan kemerdekaan Negara RI ke-71, hendaknya kita mengenang jasa para pahlawan dan yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik lndonesia.

“Berharap semoga momentum ini dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kita kepada Tanah Air tercinta. Walaupun secara formal kita telah menjadi Negara yang berdaulat penuh sejak kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun secara nyata, kita belum sepenuhnya merasakan kedaulatan itu diberbagai bidang. “Secara ideologis, berbagai upaya kemunculan kembali paham komunis serta radikalisme berbasiskan agama yang terjadi diberbagai wilayah tanah air, menunjukkan bahwa Pancasila belum seutuhnya diterima sebagai satu-satunya idelogi Bangsa. Benih-benih separatisme juga belum sepenuhnya tercabut akarnya dari bumi pertiwi dan berpotensi mengancam kedaulatan NKRI. Narkoba masih menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Bangsa, ditambah dengan ancaman terorisme serta radikalisme yang sewaktu-waktu dapat muncul,”kata Kasad.

Baca:  Danrem 063/SGJ Cek Lahan Milik TNI untuk Program Ketahanan Pangan Gunakan Formula Bios 44

Kasad menyampaikan, bahwa semua persoalan itu merupakan persoalan Bangsa yang tidak hanya cukup dipikir dan diperdebatkan, melainkan membutuhkan kerja keras dan kerja yang nyata untuk mengatasinya. Tanpa kerja keras dan kerja nyata yang dilandasi oleh kekuatan komitmen untuk membangun dan menjaga kedaulatan Negara. Tema yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada momentum peringatan ke-71 Hari Kemerdekaan Rl, yaitu “Indonesia Kerja Nyata”.

Diakhir amanat tertulisnya Kasad memberikan penekanan untuk dijadikan pedoman bagi setiap prajurit dan PNS TNIAD dalam mewujudkan tekad pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara.

Pertama, Pelihara dan tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai wujud nyata dari Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas. Kedua, Lestarikan nilai-nilai luhur perjuangan Bangsa yang diwariskan oleh para pahlawan pendahulu kita dengan senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara. Ketiga, Tingkatkan terus kualitas profesionalisme keprajuritan dengan senantiasa belajar, berlatih dan bekerja keras agar mampu menjawab tuntutan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks serta mampu mengawaki Alutsista modern yang kita miliki. Keempat, amalkan secara nyata nilai-nilai setiap butir Delapan Wajib TNI di tengah kehidupan masyarakat. Jadilah prajurit dan PNS yang santun, ramah, rendah hati dan bermartabat. Hindari sikap arogan yang hanya mau menang sendiri. Kelima, Minimalisir berbagai potensi konflik yang terjadi antara prajurit TNI AD dengan Polri dan masyarakat, agar pencapaian kinerja positif yang telah ditunjukkan selama ini tidak tercoreng. Serta jangan terpengaruh dengan isu politik yang berpotensi membiaskan komitmen pengabdian TNI AD kepada Negara dan Bangsa.

Baca:  Kasad Beri Penghargaan Kepada Babinsa Berprestasi

Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 digelar Markas Kostrad berjalan dengan tertib hikmat dan lancar, hadir pada kegiatan tersebut Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Pamen Ahli, Asren Kostrad para Asisten Kaskostrad, Pa Liaison TNI AL dan TNI AU, para Dan/Kabalak Kostrad serta seluruh Prajurit PNS Markas Kostrad.(Val)