Home / Jabar

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:17 WIB

Tradisi Kupatan Bentuk Rasa Syukur Empat Bulanan Kandungan

Editor - fredy

CIREBON, KANALINDONESIA.COM – Cirebon mempunyai banyak tradisi dan budaya warisan para leluhur yang sampai saat ini masih terus dilestarikan oleh beberapa individu dan kelompok.

Adapun tradisi yang masih kental di telinga masyarakat yakni sedekah bumi, nadran, ngupatan, nujuh bulan dan masih banyak lainnya.

Panglima Tinggi Laskar gung Macan Ali menggelar tradisi Kupatan di kediamannya. Tradisi ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas usia kandungan yang memasuki 4 bulan.

Baca Juga 

Tradisi kupatan biasanya diisi dengan doa bersama, pengajian, dan ditutup membuka ketupat dan santap makan bersama dengan lauk opor ayam dan sambal goreng Cirebonan.

Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Prabu Diaz mengatakan, Kupatan merupakan salah satu tradisi yang hingga kini masih dilestarikan baik bersama keluarga maupun dengan tokoh masyarakat.

“Selain Kupatan kami juga melaksanakan tradisi siraman, dan tradisi lainnya yang masih hidup di. Cirebon,” katanya, Sabtu (11/06/2022).

Baca Juga 

Ia menyatakan, tradisi Kupatan bertepatan dengan kehamilan sang putri yang sudah memasuki usia kandungan 4 bulan. Oleh karena itu, ia bersama keluarga sepakat mengadakan syukuran dengan doa bersama, pengajian dan membuka ketupat.

“Adat tradisi ini kami laksanakan sudah turun temurun dari kakek nenek kami. Kali ini bertepatan dengan syukuran kehamilan 4 bulan putri kami,” pungkasnya. ()

Share :

Baca Juga

Jabar

Wujudkan Polri Peduli Lingkungan, Polsek Gabus Wetan Bagi Sembako

Jabar

Personel Polsek Cantigi Rutin Sambangi Desa Tangguh Cek Penerapan Prokes

Jabar

Presiden Akan Tinjau Infrastruktur Pariwisata di Borobudur

Jabar

Polsek Cantigi Sambangi Warga di Desa Tangguh Sampaikan Imbauan Kepatuhan Prokes

Jabar

Lagi, Personel Polsek Indramayu Sita Miras Pabrikan Hasil Operasi Pekat

Jabar

Polsek Indramayu Kembali Bagikan Sembako untuk Warga di Masa PPKM Level 3

Jabar

Polres Indramayu Polda Jabar Bersama Forkopimda Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2021

Jabar

SDM Unggul Bekal Indonesia Bersaing dalam Ekonomi Digital dan Ekonomi Hijau