Perayaan Natal dan Tahun Baru di Jombang, Polres dan Pemkab Pastikan Kondisi Aman

Giat Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 di alun-alun Kabupaten Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Polres Jombang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, memastikan perayaan Natal 2017 di Jombang, Jawa Timur, aman. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto saat melakukan Giat Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 di alun-alun Kabupaten Jombang.

AKBP Agung Marlianto, selaku Kapolres Jombang menegaskan bahwa akan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan dalam peringatan natal 2017 di 85 gereja di Kabupaten Jombang.

“Kami menegaskan kepada para pihak yang berusaha untuk mengganggu perayaan Natal ini akan berhadapan dengan kami disini. Artinya kami memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada para masyarakat yang menjalankan ibadah natal, agar bisa menjalankan ibadah dengan baik,” kata Agung Marlianto, Kamis 21 Desember 2017.

Masih menurut Agung, pihaknya menyampaikan bahwa dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, pihaknya juga mendapatkan bantuan keamanan dari TNI dan pengamanan dari berbagai ormas agama serta berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Jombang. Hal itu dikatakan Kapolres Jombang sebagai bentuk kemajemukan masyarakat yang ada di Kota Santri ini.

“Selain dari kepolisian, kami juga dibantu oleh TNI dan pengamanan dari oramas agama seperti Banser serta HAS (Hisnul Aman Shiddiqiyyah) dan juga berbagai elemen masyarakat. Inilah simbol kemajemukan dan toleransi di Jombang yang harus kita tunjukkan pada nasional dan masyarakat dunia, bahwasannya di Jombang yang mayoritas 97 persen umat muslim tapi memiliki toleransi yang tinggi terhadap pemeluk agama lain,” ujar Agung.

Sementara itu, Nyono Suherli Wihandoko selaku Bupati Jombang, menyampaikan bahwa telah memerintahkan dinas-dinas terkait untuk membantu Polres Jombang dalam pengamanan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

“Pemkab Jombang akan melibatkan Satpol PP dan Dishub Jombang untuk membantu Polres Jombang dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Nantinya akan jadi satu komando di bawah komando Polres Jombang dalam menjalankan perintah tugas,” pungkas Nyono.(elo)