Puluhan Anggota Hippo Family Jepang Nikmati Liburan Akhir Tahun di Ciawi Bogor

Wakil Direktur CCTI Eman Sulaeman Nasim bersama beberapa wisatawan Jepang anggota Hippo Family Club di Lembur Pancawati ciawi Bogor

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA :Keindahan alam beserta keanekaragaman flora dan fauna Indonesia khususnya yang ada di wilayah Jawa Barat, selalau menarik perhatian masyarakat Jepang, khususnya yang tergabung dalam Hippo Family Club dibawah pimpinan Kenshi Suzuki. Terbukti, sekitar 30 anggota masyarkat Jepang anggota Hippo Family Club sejak 29 Desember 2017 lalu menghabiskan waktunya untuk liburan akhir tahun di Lembur Pancawati Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Padahal sebelumnya, Agustus 2017 lalu, mereka juga sudah mengunjungi tempat yang sama untuk menikmati liburan pertengahan tahun.

“Kami mencintai Indonesia. Kami menyukai alam Indonesia. Kami juga menyukai keramahtamahan masyarakat Indonesia,” ujar salah seorang peserta liburan yang juga anggota Hippo Family Club, Takakao Imamura asal Saitama Jepang, kemarin di Bogor.

Sebelum menikmati akhir tahun di Lembur Pancawati Ciawi Sukabumi, 30 orang anggota masyarakat Jepang tersebut tinggal selama tiga hari, mulai Selasa (26/12) di rumah anggota masyarakat Indonesia yang terpilih menjadi host family dan tersebar di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat dan Propinsi Banten. Kegiatan ini diselenggarakan kerjasama antara Hippo Family Club Jepang dengan Cross Culture Training of Indonesia (CCTI) dibawah pimpinan Ali Syarief.

“Sebelum kawan-kawan anggota Hippo Family Club ini berkumpul dan berlibur menikmati alam Lembur Pancawati Ciawi Bogor, mereka tinggal di rumah saudara-saudara kita, Warga Negara Indonesia yang bersedia dan dipilih CCTI menjadi Host Family yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, juga Bandung. Selama tinggal di rumah warga, anggota Hippo ini belajar budaya dan bahasa Indonesia. Termasuk adat dan kebiasaan masyarakat Indonesia secara langsung. Kegiatan ini selain menambah kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara Indonesia, juga menambah persaudaraan dan saling pengertian antara masyarakat Indonesia dengan Jepang,” papar Wakil Direktur CCTI Eman Sulaeman Nasim yang juga menjadi salah seorang Host Family untuk warga Jepang anggota Hippo Family Club.

Pendiri perusahaan jasa konsultan komunikasi Strategik Indonesiachannel ini menambahkan, selain warga negara jepang yang belajar budaya dan adat kebiasaan warga Indonesia yang menjadi host family, warga negara Indonesia yang menjadi host family juga belajar dari kebiasaan dan kedisiplin warga jepang yang tinggal di rumahnya. Selama ini warga negara jepang terkenal dengan budaya disiplin, sopan santun dan kebersihannya. Hal ini diterapkan saat mereka tinggal di rumah host family di Indonesia.

“Manfaat lainnya, warga negara Indonesia yang menjadi host family, suatu saat mereka pergi ke Jepang baik untuk keperluan bisnis, dinas, wisata, atau menjenguk keluarga yang menempuh pendidikan di Jepang, tidak perlu pusing-pusing memikirkan tempat penginapan seperti hotel yang mahal. Warga Jepang yang pernah tinggal bersama mereka atau anggota Hippo Family Club Jepang, siap dikunjungi dan menampung dan bergantian menjadi host family mereka,” papar Eman Sulaeman Nasim, dosen di program Vokasi Universitas Indonesia dan Institut STIAMI ini

Meriam Bambu

Selama menikmati liburan akhir tahun 2017 di Pancawati, sebanyak 30an lebih masyarakat Jepang anggota Hippo Family Club dan para host Family nya dari wilayah Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bandung ini selain melakukan hiking atau jalan-jalan menaiki bukit di wilayah Pancawati Ciawi Bogor, juga belajar musik tradisional Jawa Baat Angklung. Selain itu mereka juga belajar menari poco-poco dan menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia.
Menjelang malam penutupan tahun, warga negara Jepang dengan beragam profesi ini menikmati mainan khas anak-anak Indonesia jaman dahulu, Meriam Bambu. Meriam yang terbuat dari bambu, diberi karbit lalu disulut api. Sehingga terdengar ledakan, seperti meriam si jagur ala jaman tempo dulu. Setelah itu, bersama para host family, wisawatan Jepang ini menyalakan api unggun dan kembang api.

Menjelang pergantian tahun, Ketua Hippo Family Club Jepang/ Lex Institute Kenshi Suzuki dan direktur Cross Culture Insitute Ali Syarief memberikan sambutan sebagai ungkapan bahagia, kerja sama dua lembaga ini terus berlangsung sehingga dapat meningkatkan rasa persaudaraan dua bangsa. Setelah itu, semua peserta baik wisatawan asal Jepang anggota Hippo Family Club maupun host family nya melakukan hitung mundur menuju tahun 2018. Saat pergantian tahun, mereka saling bersalam-salaman dan tukar cendera mata (awi*)