Pasar Kriyek Kendal Kemlagi Lamongan Memberikan Kehangatan Setiap Pagi

Suasana kegiatan perdagangan pasar kriyek di Desa Kendal Kemlagi Kecamatan Karanggeneng Lamongan yang setiap hari terjadi. Foto:Omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Pasar kriyek merupakan sebutan pasar tradisional bagi masyarakat Desa Kendal Kemlagi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Pasar kriyek ini buka setiap hari mulai habis shubuh sampai jam 08.00 WIB. Pasar ini menjual kebutuhan sehari-hari untuk memasak, seperti sembako, sayur-mayur, lauk-pauk, buah-buahan dan jajanan pasar. Pasar ini berada di pertigaan jalan poros Desa Kendal Kemlagi yang menghubungkan dengan desa-desa di wilayah Kecamatan Kalitengah. Yang letaknya lumayan strategis yang bisa dijangkau oleh masyarakat sekitar.

Para pedagang di pasar kriyek ini adalah warga Desa Kendal Kemlagi sendiri dan beberapa desa sekitar. Setelah sholat shubuh para pedagang tersebut mulai berangkat ke pasar kriyek dengan membawa barang dagangannya. Terkadang para pedagang tersebut dibantu suami atau istri dan atau anaknya untuk membantu membawa barang dagangannya. Sesampai di pasar, pedagang tersebut langsung bergegas menata barang yang akan dijajakan. Sebelum para pembeli datang.

Pasar kriyek ini tidak begitu besar, hanya terdiri dari 13 lapak saja. Dimana lapak-lapak tersebut ukurannya pun tidak begitu luas dan terbuat dari bambu atau papan-papan bekas. Setelah shubuh pasar kriyek ini sudah ramai dengan pembeli. Pembelinya pun dari warga Desa Kendal Kemlagi dan sekirtarnya yang terdekat. Pukul 07.30 WIB pasar sudah mulai sepi pengunjung yang berbelanja. Ada pembeli yang dagangannya mulai habis terjual. Ada juga yang masih banyak. Namun, karena pembeli sudah sepi dan hampir sudah tidak ada.

Maka para pedagang di pasar kriyek ini mulai merapikan dagangannya untuk dibawa pulang, dan esok harinya dibawa kembali untuk dijajakan. Hal yang menarik dalam pasar kriyek ini adalah transaksi jual belinya yang bersifat kekeluargaan. Setiap pembeli boleh menawar dengan harga sesuai keinginannya dan penjual sringkali memberikan barang dagangannya pada pembeli dengan harga yang ditawarnya meskipun pedagang tersebut tidak mendapatkan untung yang banyak.

Menurut Sri’ah (70) salah pedagang di pasar kriyek tersebut menjelaskan kalau dirinya berdagang dipasar tersebut sudah lama sekitar tahun 70-an. Pasar tersebut merupakan pasar yang lahir karena memang menyediakan kebutuhan skala kecil untuk masyarakat Desa Kendal Kemlagi pada khususnya. Namun, para pedagangnya banyak orang dari luar desa misal Somosari, jelakcatur dan Latukan.

“Awalnya disini dulu barang yang dijual itu ikan dan dedak untuk makanan ternak, kemudian bumbu dapur. Yang membawa ikan rata-rata orang dari Desa Somosari dan Jelakcatur memakai perahu sedangkan masyarakat Desa Kendal Kemlagi menjual dedak untuk makanan ternaknya orang yang membawa perahu tadi”, jelasnya.

Melihat barang-barang yang dijual itu melayani kebutuhan skala kecil maka dalam waktu sesaat barang dangannya pun cepat habis. Karena ramainya hanya sebentar “sak kremiyekan” maka orang tua dulu menyebut kriyek.

Muhammad Miftah, Kepala Desa Kendal Kemlagi mengatakan Pasar Kriyek ini ada sekitar tahun 70-an, keberadaannya tidak ditempat sekarang yang berada dipertigaan yang ketimur namun berada di seberang jalan kabupaten yang menghubungkan Sukodadi – Paciran. Semakin lama jalan tersebut ramai sehingga mengganggu lalu lintas maka Pemerintah Desa Kendal Kemlagi Kecamatan Karanggeneng memindah tempatnya dipinggiran kali diseberang jalan lokasi lama.

“Keberadaan Pasar Kriyek ini sudah cukup lama sejak saya masih kecil sudah ada, perkembangannya pun biasa saja karena dilakukan oleh masyarakat desa yang merasa saling membutuhkan”, kata Miftah.

Pemerintah desa juga memberikan perhatian untuk mempertahankannya agar pasar tersebut bisa bertahan karena yang melakukan transaksi atau yang berdagang adalah masyarakat menengah kebawah sehingga menciptakan meningkatkan ekonomi kerakyatan. Selain itu pasar tersebut merupakan warisan dan perlu dilestarikan. (Omdik)