Camat Karanggeneng Lamongan Bersama Warga Bersihkan Kali dari Enceng Gondok

Proses pembersihan tanaman enceng gondok di Sungai Blawi yang melintas di Desa Sungelebak dan Kalanganyar Kec. Karanggeneng. Foto: Omdik_kanalindonesia.com

KANALINDONESIA.COM. LAMONGAN; Hamparan eceng gondok yang menyumbat bawa jembatan Pasar Pucangro yang dilintasi sungai Blawi menyebabkan aliran sungai dan mengganggu pemandangan. Melihat kondisi tersebut, Camat Karanggeneng, Koramil Karanggeneng, Satpol PP dibantu Kepala Desa Sungelebak dan Kalanganyar bersama masyarakat setempat bergotong-royong membersihkan hamparan eceng gondok, Sabtu (6/1/2018). Aksi bersih-bersih enceng godok tersebut dengan terjun langsung memunguti encang gondok yang berada di saluran sungai Blawi yang melintas di Kecamatan Karanggeneng khususnya Desa Sungelebak dan Kalanganyar, aksi bersih-bersih enceng gondok tersebut melibatkan beberapa orang tenaga pekerja yang sudah dipersiapkan oleh kedua desa.

Menurut Camat Karanggeneng Joko Raharto, SSTP, MAP dalam aksi bersih-bersih enceng gondok tersebut mengatakan bahwa Kecamatan Karanggeneng memerintahkan kepada Pemerintah Desa Sungelebak dan Pemerintah Desa Kalanganyar sebagai wiayah yang dilalui oleh sungai Blawi tersebut harus lebih serius memperhatikan perkembangan dari tanaman air ini. “Aksi bersih-bersih enceng gondok ini untuk menekan populasi tanaman tersebut karena sudah dalam kondisi yang memprihatinkan,” kata Joko.

Rencananya pembersihan sungai Blawi akan dilakukan secara berkala dalam setiap bulanya, Agar sungai dapat kembali bersih dan sebagai usaha agar tidak mengancam terjadinya banjir disekitar lokasi tersebut saat hujan dan volume air naik. Bersih-bersih enceng gondok tahap pertama dilakukan sepanjang 200 meter terutama disekitar bawa Jembatan Pucangro dan apabila sudah selesai nantinya akan dilanjutkan kembali hingga sampai ke memasuki wilayah Desa Kalanganyar.

Sungai ini sebetulnya telah dibersihkan pada beberapa waktu yang lalu oleh masyarakat, namun sifat tumbuhan kian hari kian berkembang, maka tidak dipungkiri akan tumbuh dengan cepat, sehingga perlu penanganan ektra. pembersihan sungai Desa Blawi ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan. Sebagai solusinya, tidak ada jalan lain kecuali dengan memberikan ruang bagi gerakan kebersihan lingkungan seperti yang dilaksanakan kali ini. (Omdik)