PDIP Cari Pengganti Anas, Semua Pihak Diminta Bersabar

KANALINDONESIA.COM, Surabaya Mundurnya Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, harus dibaca sebagai bagian dari pilihan berdemokrasi.

“Mas Anas dapat dijadikan pembelajaran kita bahwasanya kepentingan rakyat selalu menjadi tujuan utama bagi PDI Perjuangan dalam membuat ukuran terhadap sosok pemimpin yang bisa mengaktualisasikan harapan rakyat dengan mengurai persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat luas di berbagai pelosok daerah,” kata Hari Putri Lestari, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Senin (8/1/2018).

Untuk itu, PDI Perjuangan Jatim sejak jauh hari sudah melakukan survey, pemetaan, dan terus menerus konsisten menjalankan sekolah partai dalam rangka menyiapkan dan mencetak kader-kader terbaiknya untuk konsisten menjalankan tanggung jawab sebagai wujud dari kerja-kerja politik.

Menurutnya, rekomendasi yang diberikan kepada Anas merupakan hasil pilihan masyarakat yang ditunjukkan pada hasil survey serta kinerja selama menjabat dua periode sebagai bupati Banyuwangi.

Perempuan yang akrab disapa Tari ini mengatakan, terkait pengembalian mandat, hal itu merupakan hak pribadi Anas yang harus dihormati. “Itu hak pribadi Mas Anas,” terangnya.

Yang jelas, saat ini PDI Perjuangan Jatim mengajak berbagai pihak dari semua lapisan masyarakat agar bersama-sama mengedepankan situasi politik Jatim yang adem dan harmonis, yang sangat menghargai keberagaman, perbedaan, sebagai cerminan dari mandat demokrasi.

“PDI Perjuangan Jatim terus berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai pertimbangan yang mendalam dan terutama melalui usulan-usulan dari berbagai lapisan masyarakat untuk kami pertimbangkan sebagai bakal Cawagub Jatim. Masih ada waktu untuk menimbang serta memilih calon yang terbaik sebagai pendamping Gus Ipul. Dan DPP PKB menyerahkan sepenuhnya hak tersebut kepada PDI Perjuangan,” urainya.

Selain itu pihaknya meminta kepada masyarakat Jawa Timur untuk bersabar terkait dengan pengganti Anas. “Mohon bersabar hingga keputusan (pengganti Anas) dari partai dapat secepatnya kami informasikan ke semua pihak,” pungkasnya.