Awas bahan Soda Kue dari Semen Bahan Bangunan Beredar Di Pacitan

KANALINDONESIA.COM,Pacitan- Saat membuat kue, kita pasti ‘baking soda atau soda kue’ dan ‘baking powder’ dalam resep. Namun bagi pengusaha kue jangan tertipu dengan Soda kue yang palsu, seperti yang di alami Utami salah satu penjual bahan Soda kue di Pasar Arjowinangun dirinya tertipu oleh ulah loper yang memberikan soda kue yang berbahan dari semen bahan bangunan, Senin (08/01/2018 )

” Ditengah saya sibuk jualan, ada pembeli seseorang wanita menanyakan Soda Kue dengan merk FOX. tapi saya tidak jual merk FOX dan saya baru dengar merk FOX tersebut. lantas saya menjawab tidak punya merk FOX adanya merk RW (Rajawali),” jawab Utami pedagang perlengkapan bahan kue.

Masih menurut Utami,” biasanya orang memakai soda kue merk RW dan saya tawari soda kue merk RW yang sudah ada ijin edar dari BPOM, tetapi si pembeli tadi tidak mau, lalu dia pesan pada saya merk FOX dan saya cuma menyanggupi jika nanti ada loper saya tanyakan bahan soda kue merk FOX ada apa tidak, karena saya juga baru dengar merk FOX,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatalanya,”setelah pembeli soda kue itu memesan 20 bungkus dan meninggalkan nomor HP kepada saya, lalu meninggalkan tokonya, selang beberapa jam kemudian ada salah satu loper asing yang tidak biasanya saya ambil barang ” menawarkan perasa makanan ke saya, namun saya tidak membeli karena stok perasa makanan masih banyak. kemudian loper itu menawarkan saya Soda kue merk FOX. lantas saya menelpon si pemesan tadi dan katanya iya mau beli 20 bungkus,” lanjutnya.

“Usai menghubungi si pemesan, saya hanya bisa membeli 15 bungkus. setelah saya tengkulak 15 bungkus Soda Kue merk FOX, saya agak ragu dan saya mencoba membukanya satu bungkus ” setelah saya buka, saya kaget warnanya kok swpeeti semen abu-abu. Lalu saya rasakan sedikit dengan lidah kok rasanya dan baunya seperti semen, lalu saya ambil beberapa sendok saya aduk pakai air lalu saya keringkan beberapa menit ” alangkah kagetnya saya, ternyata benar-benar semen,” ujar Utami.

Ditambahlanua,”kemudian saya menghubungi lewat Hp, tetapi nomor HP loper dan pemesan sudah tidak aktif lagi. Lalu saya berusaha mencari loper tersebut ke Pasar Minulyo, namun loper tersebut tidak ada. Lalu barang Soda Kue tersebut saya simpan dan tidak saya jual dan saya akan kembalikan jika loper tersebut kembali ke toko lagi,” pungkasnya.(Bc)