Beras Premium Langka di Pasar Jombang, Harga Beras Meroket Naik

salah satu pembeli beras di Pasar Citra Niaga

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Tiga pekan terakhir, beras premium di sejumlah pedagang pasar tradisional di Jombang, Jawa Timur, mengalami kelangkaan. Di tingkat penggilingan juga mengalami hal serupa. Hal ini membuat harga beras meroket mengalami kenaikan.

Dari data yang dihimpun redaksi, di Pasar Citra Niaga (PCN), harga beras premium jenis ciserang yang sebelumnya dibawah sepuluh ribu rupiah, kini menjadi Rp. 10.900,- disusul kenaikan pada harga beras jenis bramu, yang harganya naik menjadi Rp. 11.500.

Akibat naiknya harga beras tersebut sejumlah, konsumen mengeluh. Namun, sejumlah konsumen tetap saja membeli beras tersebut, mengingat bahwa beras adalah kebutuhan pokok manusia. “Ya mau gimana lagi, namanya juga rakyat kecil, meskipun mahal ya tetap aja, kita beli,” kata Aris saat berbelanja beras di pasar Citra Niaga, Kamis 11 Januari 2018.

Tak hanya konsumen, kelangkaan beras premium juga dirasakan para pedagang. Mereka mengaku sulitnya mendapat pasokan beras tersebut. “Sudah tiga pekan ini mengalami kelangkaan,” ujar Sugianti, saat ditemui sejumlah wartawan di tokonya.

Baik konsumen maupun pedagang berharap, agar pemerintah bisa mengatasi persoalan tersebut. Hal ini dikarenakan kelangkaan akan terus terjadi apabila tidak ada solusi.

Dan mengenai kenaikan hal tersebut, pihak Dinas Pasar, maupun Bulog belum bisa memberikan keterangan secara resmi untuk mengatasi kenaikan harga beras tersebut.” Langsung ke kantor aja, di jalan RA Basuni nomor 16 Sooko Mojokerto mas,” ungkap Irsyad salah satu pegawai Bulog, saat dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp (WA), terkait kelangkaan beras di Jombang.(elo)