Deklarasikan Dukungan 5 Parpol, Duet Nyono-Subaidi Usung Program-Program Andalan

sejumlah petinggi lima parpol pengusung pasangan Nyono-Subaidi saat acara deklarasi dukungan Pilbub di alun-alun Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Duet pasangan Nyono Suharli Wihandoko dan Subaidi Muchtar, yang diusung oleh lima partai politik (Parpol), yakni PKB, Golkar, KS, NasDem dan PAN, untuk mengikuti pemilihan bupati (Pilbub) Jombang, Jawa Timur, menggelar acara deklarasi dukungan paslon tersebut di alun-alun Jombang. Pasangan incumbent tersebut, mengusung sejumlah program andalan dengan tagline gemerlap yakni Jombang gemah ripah dan paripurna.

Salah satu program andalan mereka yakni, memajukan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, yakni dengan menggalakkan program UMKM di pindok-pondok pesantren serta memberikan tambahan dana 2 Milyar pada setiap Desa di Jombang. Namun hal ini semua bisa terwujud jika pasangan calon (Paslon) tersebut, terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati 2018-2023.

“jika kita terpilih nanti kita berikan dana 2 Milyard setiap tahun untuk desa,” kata Nyono Suharli Wihandoko, Kamis 11 Januari 2018.

Masih menurut Nyono, anggaran sebesar 2 Milyard tersebut, merupakan program lanjutan untuk meneruskan program Rp500 juta per Desa yang direncanakannya pada Pilbup 2013-2018 lalu.

“Dulu program Rp500 juta untuk desa kita anggap berhasil. Maka sekarang kita tambah lagi jadi minimal Rp2 Milyard, untuk memandirikan Desa,” ungkapnya.

Lanjut Nyono, dana 2 Milyard tersebut, akan disalurkan melalui Dana Pagu Indikatif Desa. Sebanyak 40 persen untuk insfrastruktur, 40 persen untuk operasional dan 20 persen digunakan untuk menopang ekonomi kerakyatan.

“Dana 2 Milyar itu ada yang dari pusat, provinsi dan daerah. Kita optimis dapat meraup suara terbanyak karena melihat hasil survei dari beberapa perguruan tinggi dan Pemerintah Jombang indeks kepuasan masyarakat pada pemerintah Jombang saat ini berada pada angka 90,23 persen,” ujar Nyono.

Saat disinggung mengenai adanya paslon lain yang salah satunya adalah perempuan, apakah hal tersebut membuat pihaknya kehilangan suara pemilih perempuan, mengingat hanya ada satu paslon yang mewakili suara perempuan, mengenai hal itu Nyono mengaku sudah menyiapkan betul-betul strategi untuk menarik suara perempuan, karena dari sejumlah parpol koalisi pengusungnya juga mempunyai lembaga-lemabaga yang menaungi perempuan.

“kita sudah siapkan strategi meraup suara perempuan seperti pengajian rutinan dan kegiatan perempuan lewat sayap partai, maupun lembaga-lembaga yang ada di sejumlah partai pengusung seperti, PKB, PKS, Golkar, PAN dan Nasdem,” tukasnya.

Dari pantauan di lokasi, ribuan masa yang memenuhi alun-alun Jombang, nampak antusias, mendengarkan pidato politik, yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan parpol pengusung Nyono-Subaidi.

Disela-sela pidato, masyarakat juga dihibur dengan alunan lagu yang dinyanyikan oleh artis Jombang yakni Sarla. Selain itu, untuk masyarakat yang suka alunan musik dangdut, masyarakat di hibur dengan group dangdut Kendedes.(elo)