Tingkatkan Kemandirian dan Ketahanan Pangan, Pengurus HKTI Jombang Gelar Sarasehan

Ketua HKTI Jombang, Meydi Bambang M.

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Jajaran pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jombang, Jawa Timur, menggelar sarasehan di gedung Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) Jombang, Selasa 16 Januari 2018.

Hal ini dilakukan oleh jajaran pengurus HKTI Jombang, sebagai upaya peningkatan kemandirian dan ketahanan pangan menuju Jombang swasembada pangan. Karena sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU), HKTI bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan swasembada pangan.

“HKTI beserta masyarakat, berkomitmen pada pemerintah untuk mewujudkan Indonesia swasembada pangan, baik di tingkat nasional maupun di daerah khususnya Jombang,” kata Meydi Bambang Murtiyoso, selaku ketua HKTI Jombang, Selasa 16 Januari 2018.

Masih menurut Meydi, HKTI Jombang, selalu mengedepankan program-program kerja, yang sejalan dengan visi misi pemerintah daerah Jombang, untuk mewujudkan Jombang sejahtera untuk semua.” kita akan terus mendukung program Bupati, termasuk untuk mewujudkan Jombang, Gemah Ripah dan Paripurna (Gemerlap),” ujar Meydi.

Sementara itu Nyono Suherly Wihandoko, selaku Bupati Jombang, mengapresiasi langkah dan komitmen HKTI Jombang, untuk selalu bersinergi serta mendukung visi misi pemerintah daerah, demi terciptanya swasembada pangan di Kabupaten Jombang. ” tujuan HKTI Jombang, yang bertujuan membantu program pemerintah, ingin Indonesia swasembada pangan, dan kita bersyukur Jombang bisa swasembada pangan,” papar Nyono.

Lanjut Nyono, Tiga pelaku Ketahanan Pangan asal Kabupaten Jombang dianugerahi penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan itu diserahkan di Istana Negara.

“Ketiganya adalah Kepala Desa Watugaluh Kecamatan Diwek, Arif Afandi dengan kategori pembina ketahanan pangan. Suwarno asal Desa/Kecamatan Plandaan pemilik Kebun budidaya Klengkeng dengan kategori pelopor Ketahanan Pangan dan Sulistiyo Wati ketua kelompok UMKM Dua Putra dari Desa Dukuh Klopo Kecamatan Peterongan dengan kategori pelaku industri,” tukas Nyono.

Perlu diketahui, HKTI adalah sebuah organisasi sosial di Indonesia yang berskala nasional, berdiri sendiri dan mandiri yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas, profesi, dan fungsi di dalam bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah pengurus HKTI dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Desa, menghadiri acara sarasehan tersebut. Selain Bupati Jombang Nyono Suherly Wihandoko, nampak juga hadir wakil pimpinan DPRD Jombang yakni, Subaidi Mukhtar. Begitu pula narasumber utama dari Bulog Subdrive Surabaya Timur, serta beberapa tamu undangan lainnya.(elo)