Frustasi, Seorang Ibu dan Tiga Anaknya Nekat Minum Racun Serangga

Evy ibu rumah tangga yang kini kondisinya kritis di rawat di RSUD Jombang.

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Warga Dusun Sambilanang, Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, mendadak gempar. Hal ini terjadi setelah seorang ibu rumah tangga desa setempat, Evy Suliastin Agustin (26), ditemukan dalam kondisi kritis di rumahnya.  Tak hanya itu, tiga anaknya bernama Sayid Mohamad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan), ditemukan meninggal dunia di kamar mandi rumah.

Hendro (29), salah satu tetangga korban menuturkan, korban ditemukan pertama kali oleh Nurus Shobikhah (20), adik kandung Evy, pada hari Senin (15/1) sekitar pukul 21.30 WIB. “Ketiga anaknya sudah dalam kondisi meninggal di kamar mandi, kalau ibunya (Evy) ditemuan kritis,” kata Hendro kepada wartawan, Selasa 16 Januari 2108.
Masih menurut Hendro, saat penemuan ketiga anak korban di kamar mandi, juga ditemukan botol obat racun anti serangga merek Baygon ukuran 600 mili dengan isi sudah tidak penuh. “Mungkin menenggak obat cairan racun anti serangga. Ketiga  bocah ditemukan kondisi mulutnya berbusa. Seperti orang keracunan,” ujarnya.
Lanjut Hendro, ke empat korban sempat dilarikan ke Poliklinik Umum (PKU) Muhammadiyah Mojoagung yang kemudian dirujuk ke RSUD Jombang. Namun, dokter PKU yang menangani menyatakan ketiga anak Evy sudah tak bernyawa. “Pihak PKU sudah menyebut kalau korban meninggal karena keracunan,” ujar Hendro.
Imbuh Hendro, Sehari-hari Evy dan ketiga anaknya tinggal bersama ibunya Lismiati (60) dan Nurus Shobikhah. Namun, sebelum kejadian hanya tinggal Evy dan ketiga anaknya yang ada di rumah. “Habis maghrib bu Lismiati pergi mengaji ke makam Sayid Sulaiman, sedangkan Nurus juga tidak di rumah. Jadi tak ada orang lain di rumah,” tegasnya.
Sementara itu Sunhadi selaku , Kepala Desa Karobelah  juga enggan berspekulasi terkait penyebab kematian ketiga anak Evy. “Kalau pastinya mungkin bisa ke pak polisi. Kalau sekedar perkiraan bisa jadi keracunan karena ditemukan obat nyamuk cair di lokasi,” paparnya.
Dikonfirmasi secara terpisah, AKP Gatot Setyo Budi selaku,Kasat Reskrim Polres Jombang, menuturkan terkait dugaan kasus ibu dan tiga anaknya menenggak racun anti serangga, pihaknya masih memintai sejumlah saksi. “Untuk mengetahui motifnya kami masih melakukan pendalakam. Korban Evy masih dalam penanganan medis,” tukasnya.(elo)