Kodim 0817 dan Pemkab Gresik Gelar Panen Raya Padi

KANALINDONESIA.COM, GRESIK: Kodim 0817 Gresik bersama Dinas Pertanian Pemkab Gresik melaksanakan panen raya untuk yang pertama di tahun 2018.

Kegiatan panen raya tersebut berlangsung di persawahan Desa Sukorejo, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (17/1/2018).

Komandan Kodim 0817 Gresik, Letkol Kav Widodo Pijianto mengatakan, panen raya yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan semangat petani dalam menanam padi.

Selain membangkitkan semangat petani, selama ini, para TNI sudah melakukan pendampingan secara langsung di seluruh kecamatan di Kabupaten Gresik.

Kegiatan ini, tambah Dandim, merupakan salah satu bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Kami berharap petani agar lebih bersemangat dalam menanam padi. Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,” katanya.

Letkol Kav Widodo menjelaskan, pendampingan oleh TNI juga bersinergi dengan Pemda Gresik. Hal ini untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Gresik, Agus Djoko Walujo menambahkan, selama ini Pemkab sudah berupaya penuh dalam mensejahterakan petani.

Adanya program dari TNI, Agus berharap swasembada pangan di Kota Pudak bisa terealisasi.

“Kami berharap sinergitas TNI dan Pemkab terus terlaksana dengan baik, tahun kemarin kita surplus,” tambah dia. (wan)