Dua Pesawat F16 Terakhir Tiba di Lanud Iswahjudi

Marsekal Pertama Samsul Riza

KANALINDONESIA.COM, MAGETAN: Sebanyak 2 unit pesawat tempur F-16 tipe C/D tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahjudi, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Kamis (18/01/2018).

Dua pesawat jenis F16 tersebut merupakan. hibah dari Amerika Serikat (AS) kepada TNI Angkatan Udara, dan hingga saat ini total pesawat tempur F-16 telah diterima pemerintah Indonesia ada 24 unit.

“Semua pesawat F-16 hibah AS digunakan untuk kegiatan operasi dan sejumlah latihan. Kedatangan 2 pesawat terakhir F-16 itu sebelumnya mengalami 2 kali penundaan, karena ada sejumlah hal seperti permasalahan mesin pesawat. Seharusnya, kedatangan Desember 2017 lalu sebanyak 4 unit F-16. Namun, tiba hanya 2 unit F-16,” jelas Komandan Lanud (Danlanud) Iswahjudi, Marsekal Pertama Samsul Rizal.

Awalnya, ada masalah di mesin pesawat F-16, kemudian siap setelah itu sudah bergerak tapi ada masalah di pesawat tankernya.

“Karena perjalanan dari Hawaii ke Guam saja sudah 7-8 jam, harus isi bahan bakar di udara sampai 3 kali. Dari Guam ke Iswahjudi juga harus isi bahan bakar, ada masalah di pilotnya, karena pilotnya mereka harus kembali ke Amerika ada tugas khusus,” ungkap Danlanud Iswahjudi.

Menurutnya 12 pesawat tempur F-16 hibah AS, ditempatkan di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, sedangkan 12 lainnya melengkapi Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan.2 Ke-24 pesawat dihibahkan Amerika Serikat kepada Pemerintah Indonesia merupakan proyek Peace Bima Sena II.

Kehadiran pesawat tempur F-16 di Lanud Iswahjudi, diharapkan dapat menambah kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) pertahanan udara TNI. Pesawat tersebut adalah bekas penggunaan dari pesawat Amerika, tipenya C/D memiliki kemampuan avionik dan persenjataan lebih baik dibanding pesawat tipe A/B. (abas).