Laka Tunggal, Truk Tangki Bermuatan 14 Ribu Kilo Liter Pupuk Cair Terguling

Truk tangki yang terguling, saat hendak di evakuasi petugas satlantas Polres Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Truk tamgki bermuatan pupuk cair sebanyak 14 ribu kilo liter, mengalami kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal jalan Soekarno – Hatta, Peterongan, Jombang, Jawa Timur.

Laka lantas tunggal ini dikarenakan, as pada roda truk tersebut patah, sehingga truk terguling dan muatan pupuk cair tersebut, tumpah dari dalam truk tangki. Alhasil komdisi ini mengakibatkan pupuk cair itu membanjiri jalan raya, bahkan cairan pupuk tersebut sempat masuk ke dalam rumah warga.

Dari pantauan di looasi, kondisi truk mengalami kerusakan parah, namun beruntung bagi Supandi sopir, asal Desa Wates, Kemacatan Wates, Kabupaten Kediri, tidak mengalami luka apapun.

Dari keterangan saksi mata di lokasi, truk melaju dari arah timur ke barat, namun tiba-tiba as roda bagian belakang patah, sehingga truk terguling. “Tangki bagian belakang langsung trseret hingga terguling, terus muatannya tumpah,” kata Muji (46), warga sekitar saat ditemui sejumlah wartawan, Jumat 19 Januari 2018.

Tak lama petugas dari Satlantas Polres Jombang, segera mengamankan lokasi. Petugas juga langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan memintai keterangan sejumlah saksi. “Kecelakaan terjadi akibat truk tak kuat menahan beban muatan hingga mengalami patah di bagian as roda,” ujar AKP Inggal Widya Perdana selaku, Kasatlantas Polres Jombang, saat berada di TKP.

Akibat peristiwa laka lantas tunggal tersebut, jalur dari arah barat (Jombang) menuju timur (Surabaya) sempat ditutup selama kurang lebih dua jam untuk proses evakuasi dan pembersihan jalan dari tumpahan pupuk cair.

Dan untuk kendaraan tangki beserta sopirnya kini, diamankan di Satlantas Polres Jombang untuk kepentingan lebih lanjut. “kasusnya kini dalam penanganan Unit Lakalantas Polres Jombang,” pungkas Inggal.(elo)