IGB Subawanto, Kadispar Sumbawa Barat Blusukan

Kepala Dispar Sumbawa Barat, IGB Subawanto

KANALINDONESIA.COM, SUMBAWA BARAT: Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) IGB Subawanto bersama Kabid pemasaran dan Kabid Destinasi melakukan blusukan ke sejumlah desa yang mempunyai potensi pariwisata.

Blusukan tersebut dilakukan untuk mengetahui potensi wisata alam yang berada di Kecamatan Maluk.

Dalam blusukan ke desa Pasir Putih dan Desa Mantun tersebut, Kadis bersama Kabidnya berdialog dan memberikan motivasi kepada para pegiat pariwisata setempat terutama mengenai pentingnya masukan apa yang harus dibangun.

“Untuk mengetahui potensi alam yang ada di Kecamatan Maluk ini, saya perlu turun langsung ke lapangan. Sehingga tahu apa yang harus dilakukan dan terus menggali potensi alam yang ada,” kata Subawanto kepala Dispar KSB, Senin( 22/01/2018).

IG Subawanto menyarankan kepada semua pengelola desa wisata atau yang akan dibuat baru, terlebih dahulu membentuk Pokdarwis agar sejalan dengan pemerintah setempat.

“Kami menyarankan agar membentuk Pokdarwis desa maupun kecamatan karena Pokdarwis adalah ujung tombak dari kemajuan pariwisata itu sendiri, ” jelasnya.

Bahkan Dinas Pariwisata mengadakan lomba Pokdarwis se Kabupaten Sumbawa Barat,” kami dari Dinas Pariwisata akan memberi dana pembinaan sebesar lima puluh juta rupiah (Rp. 50.000.000,-) untuk Pokdarwis yang terbaik,” imbuh IGB Subawanto.

Dalam waktu dekat ini kata dia akan melakukan kegiatan clean up day di pantai Pasir Putih, Kecamatan Maluk.

“Sudah saya jadwalkan di Bulan Maret, kita akan mengadakan clean up day sekaligus berdialog bersama pemerintah desa dan pengelola pariwisata ,” ungkapnya.(Awi)