Karya FRACTION Siswa MAN 1 Lamongan Juara 1 Terbaik Nasional di BISTIC 2018

KANALINDONESIA.COM, LAMONGAN; Lagi dan lagi prestasi yang diperoleh oleh siswa MAN 1 Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kali ini 3 siswa MAN 1 Lamongan berhasil mendapat juara 1 Kompetisi Ilmiah BISTIC 2018 tingkal Nasional yang diselenggarakan dikota Malang, Senin (22/1/2018).

Anak asuh dari Waka kesiswaan Drs. Moch. Masluch yakni Ahmad Shofiyul Labib, Poppy Rizky dan Shafira Fihda menjuarai Kompetisi ilmiah BISTIC 2018 dengan karya mereka FRACTION yaitu inovasi Produk Fungisida Organic untuk meningkatkan mutu dan umur simpan komoditi tomat di Indonesia.

Tim 3 siswa MANELA ini sebelumnya sempat pesimis tidak menang. Namun berkat tekad dan dukungan pihak sekolah serta para mentor, akhirnya Poppy, Shafira dan Labib melanjutkan perjuangannya hingga Final juara 1.

“Pantang menyerah dan selalu memperbaiki karya. Mungkin itu alasan kenapa kami sampai di tempat ini. Kami yakin Semua finalis punya karya yang hebat, tapi sayangnya tidak semua dari mereka punya mentor yang mumpuni dan kompeten. Kami punya itu ! Alhamdulillah MANELA memiliki ekstrakurikuler KIR dan Wirausaha siswa yang aplikatif dan berkemajuan. Jujur saya dapat pengalaman yang berbeda, bagaimana cara presentasi yang benar dan PD, karena saya orangnya sebenarnya kurang PD di depan umum. Terima kasih Guru Pembimbing, Kepala Sekolah dan para guru yang sabar dalam membimbing kami.” ujar Poppy anggota tim FRACTION.

Menurut mereka, Perjalanan riset Labib dan kawan kawan terbilang tidak mudah karena membutuhkan kesabaran dalam proses ekstraksi, proses analisis dan pengujian, tidak heran karya ini dibuat lebih dari 6 bulan.

“Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan. Terbaik tingkat Nasional,” jelasnya.

Lomba BISTIC merupakan salah satu kompetisi Riset Ilmiah SMA/sederajat sangat bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan oleh skala Universitas. Peserta diperkirakan lebih dari 50 tim terbaik seluruh Indonesia, namun tahap final hanya diseleksi menjadi 10 tim. Lalu, Presentasi dilakukan di depan Dewan Juri dan Peserta lain dan rangkaian acaranya 3 hari mulai dari TM, Presentasi, Field Trip dan Acara Puncak Awarding.

“Alhamdulillah, Kami ikut bangga dengan kemenangan ini. Ini adalah prestasi siswa yang kesekian kalinya, kita sering sekali juara. Namun apapun itu, kami tetap konsisten menjaga kualitas program pembinaan siswa untuk Bidang Karya Ilmiah dan Kewirausahaan. Semoga dengan hasil kejuaraan ini bisa meningkatkan kualitas lulusan MANELA ” kata waka kesiswaan Drs. Moch. Masluch

Saat ini, MAN 1 Lamongan mulai dikenal masyarakat sebagai sekolah yang bukan hanya focus pada pengajaran akademik dan karakter nilai Islami, namun juga sebagai sekolah pengembangan Riset Ilmiah dan Kewirausahaan Siswa. (Fer)